Cara Alami Mengatasi Mual Muntah Pada Anak

Diposting pada

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Cara Alami Mengatasi Mual Muntah Pada Anak. Informasi ini pastinya sedang anda cari terlebih bagi anda yang anaknya sedang mengalami muntah karena masuk angin ataupun karena hal lainnya. Lalu bagaimana cara alami menghilangkan mual dan muntah pada anak? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

Muntah adalah keluarnya isi lambung secara paksa melalui mulut dan sangat umum dialami oleh anak-anak. Terkadang muntah bisa bermanfaat dalam membersihkan tubuh dari zat dan patogen yang tidak diinginkan yang mungkin telah mereka hindari tanpa diketahui.

Biasanya, muntah pada anak-anak akan berhenti sendiri tanpa perlu penanganan secara medis. Namun demikian, kita tetap harus waspada terhadap tanda-tanda dehidrasi pada anak-anak, dan secara proaktif mencoba untuk menenangkan perut mereka serta mengisi kembali cairan dan energi yang hilang sebelum kondisi meningkat ke tingkatan yang bisa mengancam nyawa.

Nah sebelum saya bagikan cara alami mengatasi mual muntah pada anak, yuk kita simak terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab mual muntah pada anak.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Rematik Secara Alami Pada Kaki

Penyebab Mual dan Muntah pada Anak

Adapun penyebab mual dan muntah biasanya merupakan gejala dari beberapa penyakit yang mendasari, seperti:

  • Gastroenteritis atau flu perut
  • Refluks gastroesofagus
  • Keracunan makanan
  • Mabuk
  • Alergi makanan
  • Tekanan mental
  • Kurang tidur
  • Gangguan pencernaan
  • Perut kosong
  • Infeksi pernafasan
  • Beberapa masalah kesehatan serius dan infeksi, seperti meningitis, infeksi saluran kemih, infeksi telinga tengah, radang usus buntu.
  • Cedera seperti pukulan ke kepala, di mana kasus muntah dapat menjadi indikasi peningkatan tekanan intrakranial.
  • Makan berlebihan, terburu-buru makan atau makan makanan yang penuh dengan lemak, gula dan serat yang dapat membebani sistem pencernaan yang masih baru lahir pada anak-anak dan memicu mantra muntah.
  • Sindrom muntah siklik – Kadang-kadang, sering muntah mungkin tidak terkait dengan salah satu penyebab yang disebutkan di atas, sebaliknya, itu mungkin merupakan gejala sindrom muntah siklik, yang ditandai dengan serangan berulang muntah secara tiba-tiba, yang berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Neurogastroenterology and Motility melaporkan bahwa sindrom muntah siklik terjadi pada sekitar tiga dari setiap 100.000 anak.
  • Muntah proyektil pada bayi segera setelah makan juga dapat menunjukkan stenosis Pyloric, suatu kondisi yang menimpa saluran pencernaan bayi yang menghalangi makanan memasuki usus kecil. Kondisi ini membutuhkan perhatian medis segera.
  • Sengaja menelan beberapa zat beracun juga dapat menyebabkan anak Anda muntah.

Gejala Mual dan Muntah pada Anak

Secara umum, muntah sering disertai dengan gejala lain yang terkait dengan penyakit tertentu atau akibat dari kelemahan umum. Beberapa gejala yang mungkin menyertai muntah adalah sebagai berikut:

  • Kelesuan
  • Kerapuhan
  • Kulit pucat
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Demam ringan
  • Detak jantung meningkat
  • Kembung
  • Diare

Cara Mencegah Mual Muntah pada Anak

Berikut beberapa cara mengurangi kemungkinan mual muntah pada anak:

  • Ajarkan mereka untuk mencuci tangan secara teratur dan sehat, terutama sebelum dan sesudah makan dan juga setelah ke kamar mandi.
  • Batasi paparan anak-anak kepada siapa pun yang menderita sakit perut.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Terkadang mengunjungi dokter adalah suatu keharusan, terutama ketika muntah berkepanjangan, anak mengalami dehidrasi, anak tidak mampu menahan cairan selama rentang 12 jam, dan ketika gejala berikut seperti penglihatan kabur, leher kaku, batuk, demam tinggi, dan migrain.

Muntah dan gejala yang terkait sering “sembuh” begitu penyebab dapat diatasi. Dalam kebanyakan kasus, muntah pada anak-anak cenderung berhenti tanpa perawatan medis khusus. Namun, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumah secara alami untuk mengatasi muntah dan membuat anak Anda merasa lebih baik.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dari Berbagai Penyakit

Cara Alami Mengatasi Mual Muntah Pada Anak

Berikut adalah beberapa pengobatan rumah untuk membantu meredakan mual dan muntah pada anak-anak.

1. Tingkatkan asupan air

Muntah dapat menyebabkan hilangnya air di dalam tubuh dan akhirnya dehidrasi, yang dapat berbahaya bagi anak Anda. Oleh karena itu, langkah pertama untuk cara alami mengatasi mual muntah pada anak-anak dan menghentikan dehidrasi adalah meningkatkan asupan air. Air tidak hanya mudah di perut, tetapi juga sangat membantu dalam memulihkan kekuatan tubuh.

Air biasanya cukup untuk merehidrasi tubuh anak Anda. Penting bahwa Anda memberi anak Anda air yang cukup untuk diminum dari waktu ke waktu meskipun ia tidak merasa haus.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang tua harus merasa bebas untuk memberikan anak-anak muda dengan jus apel dehidrasi minimal atau minuman favorit mereka sebagai pengganti larutan elektrolit ketika mereka pulih dari muntah.

  • Anak-anak yang sedang disusui harus terus menerima ASI, tetapi pastikan untuk memberi makan lebih sering daripada biasanya.
  • Buat anak Anda menyesap sejumlah kecil air dan cairan bening sepanjang hari.
  • Anda juga dapat menawarkan minuman yang mengandung karbohidrat atau elektrolit, namun hati-hati, karena peningkatan gula dalam minuman ini sering dapat menyebabkan diare.
  • Membuat mereka mengisap es loli yang terbuat dari jus. Minuman olahraga juga bisa membantu.
  • Bahkan memberikan es serut untuk menyedot pada interval yang sering bermanfaat.

Catatan: Selama 24 jam pertama atau lebih dari penyakit apa pun yang menyebabkan muntah, jauhkan anak Anda dari makanan padat, dan dorong dia untuk memiliki lebih banyak cairan. Bayi seharusnya TIDAK menerima air kecuali diperintahkan oleh dokter Anda.

2. Solusi Rehidrasi Oral Buatan

Solusi Rehidrasi Oral Homemade (ORS) diakui oleh World Health Organization (WHO) sebagai pengobatan lini pertama untuk dehidrasi. Ini adalah solusi perbaikan cepat untuk mengisi nutrisi dan cairan yang hilang dan dapat dengan mudah disiapkan di rumah. Kemasan OR juga tersedia di pasaran.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam American Family Physician melaporkan bahwa terapi rehidrasi oral adalah pengobatan yang disukai untuk dehidrasi ringan hingga sedang yang disebabkan oleh diare pada anak-anak.

Adapun cara alami mengatasi mual muntah pada anak dengan Solusi Rehidrasi Oral Homemade ini adalah sebagai berikut:

  • Tambahkan ½ sendok teh garam dan 6 sendok teh gula (atau gula merah) ke 4 cangkir air minum.
  • Aduk sampai garam dan gula larut sepenuhnya.
  • Berikan pada anak beberapa kali sehari sampai dia pulih sepenuhnya.

3. Adas

Obat anekdot baik lainnya yang telah dibuktikan oleh penelitian juga tentang kemanjurannya dalam menghentikan muntah pada anak-anak secara alami adalah adas.

Biji adas menenangkan saluran pencernaan dan meredakan mual dan muntah. Adas juga memiliki sifat antimikroba yang membantu mencegah dan mengobati flu perut yang dapat menyebabkan muntah. Ditambah lagi rasa aromanya dalam membantu menenangkan perut.

Cara menghilangkan mual pada anak secara alami dengan Adas adalah:

  • Tambahkan 1 sendok biji adas yang dihancurkan ke 1 cangkir air mendidih dan biarkan mendidih selama 10 menit. Saring campuran ini dan biarkan anak Anda minum teh ini 1-2 kali sehari.
  • Anda juga dapat membiarkan anak Anda mengunyah satu sendok teh biji adas untuk membantu mengatasi masalah.

4. Lemon

Lemon juga dapat membantu mengatasi muntah kronis. Aroma zestynya memiliki efek energi pada tubuh yang dapat mengurangi rasa mual dan mencegah muntah. Diperkaya dengan vitamin dan mineral, lemon dapat membantu menebus mereka yang hilang karena muntah.

Kandungan vitamin C yang tinggi dari lemon adalah alasan lain untuk memasukkannya ke dalam perawatan Anda karena membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan asam dalam lemon membantu membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan dan menyebabkan muntah.

Cara alami mengatasi mual muntah pada anak dengan lemon:

  • Peras lemon segar ke dalam 1 gelas air dan tambahkan sedikit madu. Berikan kepada anak Anda untuk diminum beberapa kali sehari. (Jangan berikan madu untuk anak di bawah umur 1 tahun)
  • Anda bahkan dapat membiarkan anak Anda hanya mencium kulit lemon segar untuk mengurangi mual dan muntah.
  • Mengisap permen keras, seperti jeruk nipis, dapat membantu menghilangkan rasa tidak enak di mulut setelah muntah.

Baca juga: Cara Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami Terbukti Ampuh

5. Akupresur

Karena muntah dan mual dan kegelisahan yang menyertainya sering membuat anak tidak dapat minum, apalagi makan, akupresur berfungsi sebagai pengobatan non-obat yang efektif untuk memeriksa kehilangan cairan dan mineral yang terus-menerus dan mencegah dehidrasi.

Pengobatan tradisional Cina memberikan titik-titik akupresur yang berbeda pada tubuh yang harus ditekan untuk bantuan segera kepada anak dengan cara yang tidak menyakitkan. Menerapkan tekanan pada acupoints ini cenderung untuk melepaskan ketegangan otot dan memacu sirkulasi darah yang dapat membantu menghentikan muntah dan mual. Jadi itu menggunakan tekanan untuk menstimulasi titik-titik tertentu dalam tubuh untuk meredakan gejala.

Misalnya, titik tekanan Neiguan (P6), terletak di sisi telapak lengan bawah dekat pergelangan tangan Anda, ditekan untuk membantu meredakan mual dan muntah.

Untuk memijat titik tekanan P6:

  1. Letakkan tiga jari di pergelangan tangan anak Anda.
  2. Letakkan jempol Anda di bawah jari telunjuk anak Anda.
  3. Gosok titik ini dengan gerakan melingkar yang kuat selama 2-3 menit. Jangan menekan terlalu keras.
  4. Ulangi pada pergelangan tangan lainnya.

Jika anak Anda sudah cukup besar, pastinya dia bisa melakukannya sendiri.

Tips Tambahan Cara Alami Mengatasi Mual Muntah Pada Anak

  • Jangan berikan obat-obatan yang dijual bebas kecuali sudah diresepkan secara khusus oleh dokter anak Anda.
  • Ketika anak Anda muntah sambil berbaring, cobalah untuk membuatnya berbaring tengkurap atau di sisi kiri sebanyak mungkin.
  • Setelah muntah, jangan memberi makan apa pun setidaknya selama satu jam.
  • Hindari makanan padat sampai cairan bening dapat ditoleransi, karena makanan padat dapat mengiritasi lambung yang sensitif.
  • Anak Anda mungkin perlu obat antiemetik yang diresepkan untuk sering muntah. Obat-obatan ini membantu mengurangi frekuensi episode muntah.
  • Biarkan anak Anda cukup istirahat dan tidur. Seorang anak yang cukup beristirahat cenderung pulih lebih cepat karena memberi waktu pada tubuh untuk sembuh setelah ketegangan yang dialami selama serangan muntah.
  • Pernapasan dalam membantu menjaga respons biologis yang menyebabkan mabuk kendaraan.
  • Hindari memberi makan makanan besar untuk anak Anda. Sebaliknya, pilihlah beberapa makanan kecil sepanjang hari.
  • Jauhkan anak Anda dari makanan yang digoreng dan berlemak, yang sulit dicerna dan menyebabkan muntah.
  • Simpan catatan tentang mual yang memicu dan cobalah untuk menghindarinya.

Demikianlah Cara Alami Mengatasi Mual Muntah pada Anak yang bisa anda lakukan di rumah. Silahkan ikuti salah satu atau beberapa cara di atas untuk menyembuhkan mual muntah pada anak anda. Namun jika pemasalahan tidak teratasi, silahkan hubungi dokter. Terima kasih dan semoga permasalahan mual muntah pada anak anda segera bisa diatasi.

Sumber: https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/vomiting-and-nausea-in-children.html