20+ Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami (Paling Ampuh)

Cara memanjangkan rambut –  Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang cara cepat memanjangkan rambut menggunakan bahan-bahan alami, kenapa menggunakan bahan alami? Karena dengan menggunakan bahan alami rambut kita akan terhindar dari bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut, selain itu bahan alami juga lebih murah dan lebih mudah didapatkan di sekitar kita. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak terus tulisan di bawah sampai selesai?

Memiliki rambut panjang yang sehat dan indah adalah keinginan setiap orang, terlebih bagi wanita. Rambut merupakan ikon kecantikan bagi wanita. Selain bisa menjadikan wanita terlihat cantik, memiliki rambut panjang juga akan membuat wanita terlihat lebih feminim.

Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

cara memanjangkan rambut secara alami

Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia

Rambut tumbuh melalui lubang-lubang kecil yang ada di kulit yang bernama folikel. Melalui lobang tersebutlah rambut tumbuh panjang dan melewati kelenjar minyak yang berada di permukaan kulit. Pada manusia, terdapat lebih kurang 5 juta folikel mencakup ke seluruh bagian tubuh manusia.

Pada bagian kepala terdapat sekitar 100.000 folikel untuk bisa menumbuhkan rambut. Dan dari sekian banyaknya folikel, ternyata tidak semuanya bisa menumbuhkan rambut dalam waktu bersamaan.  Sebagian folikel masih dalam tahapan baru memulai, dan sebagian yang lain ada yang sudah menyelesaikan tugasnya dalam menumbuhkan rambut.

Menurut perkiraan, rambut manusia bisa tumbuh 0,35 mm perhari. Nah walaupun rambut dikatakan sebagai salah satu bagian yang paling cepat berkembang, namun tetap membutuhkan waktu yang tidak sedikit menunggu rambut sampai panjang.

Beberapa orang mencoba berbagai cara memanjangkan rambut dikarenakan tidak mau menunggu waktu yang lama. Ada yang mencoba dengan cara instan seperti menggunakan hair extension, adapula yang mencoba menggunakan berbagai macam produk untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen (100% Ampuh)

Sejarah Tentang Rambut Panjang Wanita

Dahulu, tidak hanya kaum hawa yang memiliki rambut panjang, namun kaum adam pun juga memiliki rambut yang panjang. Walaupun begitu, di zaman itu rambut wanita tetap harus lebih panjang dibandingkan rambut pria, karena memiliki rambut panjang adalah sebuah simbol feminimitas serta juga sebagai identitas dari seorang wanita.

Tradisi memiliki rambut yang panjang telah ada sejak 60.000 tahun lalu, hal ini sebagaimana yang terdapat dalam sebuah jurnal yang ditulis oleh Peter Frost yang berasal dari Departemen Antropologi Universtas Lavel Quebeq Kanada yang diterbitkan dalam Scientific Research Publishing. Lebih lanjut disebutkan bahwa salah satu penyebab yang menjadikan rambut wanita tumbuh lebih mudah dibanding pria ialah dikarenakan seleksi alam serta karena evolusi. Hal ini berkaitan dengan aktifitas kaum pria yang kebanyakan berada di luar rumah sehingga memiliki rambut panjang dinilai kurang praktis bagi mereka.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Rambut

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama kita tentang cara memanjangkan rambut secara alami, kita juga harus tahu terlebih dahulu beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut kita, diantaranya ialah:

1. Genetis

Genetis merupakan faktor yang paling mempengaruhi pertumbuhan rambut, warna, jenis ataupun intensitas. Dilansir dari Sciencedaily, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Leif Carlsson yang berasal dari Universitas Umea Swedia yang berhasil menemukan gen yang diberi nama Lhx2 yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan panjang rambut. Sejak seseorang dilahirkan, gen ini sudah mulai bekerja, dan aktivitas gen ini semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Pertumbuhan rambut paling optimal berada di rentang usia 15 sampai 30 tahun dan akan menurun kecepatan pertumbuhannya di usia 40 tahun.

2. Hormonal

Hormonal juga merupakan salah satu faktor internal lainnya yang juga berpengaruh dalam pertumbuhan rambut panjang. Tingginya kadar hormon estrogen yang ada dalam tubuh pada saat kehamilan juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Wanita yang sedang hamil biasanya akan merasa rambutnya tumbuh lebih panjang, hal ini dikarenakan pada saat seseorang wanita sedang hamil, rambutnya tidak rontok sebagaimana biasanya. Rambut manusia secara normal akan mengalami kerontokan 50-100 helai di setiap harinya.

3. Nutrisi

Rambut merupakan jaringan tubuh yang berkembang paling cepat, sehingga rambut membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh. Dilansir dari HairScience.com, rambut tumbuh secara maksimal membutuhkan asupan nutrisi seperti protein, zat besi, asam lemak, omega 3, zinc, vitamin B12 serta vitamin D. Nah jika rambut anda ingin tumbuh panjang dan sehat, konsumsi makanan yang kaya akan nutris seperti daging, ikan, buah-buahan dan sayuran.

4. Penyakit

Kondisi tubuh yang sehat bisa diliat dari rambutnya yang sehat, ini benar adanya. Jadi ternyata penyakit juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Beberapa penyakit seperti disfungsi tiroid, anemia dapat membuat rambut sulit untuk tumbuh. Nah bagi anda penderita anemia, sebaiknya penuhi kebutuhan akan zat besi setiap harinya supaya rambut tetap terjaga pertumbuhannya, misalnya seperti mengkonsumsi bayam, tomat dan lain sebagainya.

5. Stress

Selain karena penyakit, pertumbuhan rambut juga bisa terganggu karena stress. Stres ternyata tidak hanya berdampak buruk pada sistem tubuh manusia, tetapi juga bisa berimbas pada pertumbuhan rambut. Stres mental ataupun fisik seperti depresi ataupun trauma kecelakaan dapat menyebabkan sistem yang ada dalam tubuh kita shock, akibatnya akan terjadi kerontokan rambut dalam waktu sementara. Kejadian ini dikenal dengan istilah Telogen Effluvium. Dan ketika seseorang sudah sembuh dari luka ataupun stres yang dideritanya, maka kerontokanpun akan berhenti.

6. Perawatan

Meskipun nutrisi yang bersumber dari makanan adalah faktor utama penunjang pertumbuhan rambut. Namun untuk mempercepat tumbuhnya rambut dan menjaga kesehatannya, anda bisa juga melakukan perawatan secara rutin. Perawatan rambut yang paling dianjurkan ialah seperti mencuci rambut dua hari sekali, memanfaatkan bahan alami sebagai masker rambut ataupun menggunakan minyak rambut sehingga bisa melindungi dari kerusakan yang diakibatkan oelh paparan sinar matahari, cuaca ataupun zat-zat kimia.

7. Obat-obatan

Selain beberapa faktor diatas, ternyata beberapa jenis obat yang dikonsumsi secara rutin juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dan bahkan dapat menghentikan pertumbuhannya. Adapun jenis obat yang bisa menghambat atau menghentikan pertumbuhan rambut ialah seperti obat anti depressant, anti hipertensi, batu ginjal dan pengobatan kemoterapi. Selain daripada itu, beberapa golongan obat yang digunakan untuk mengobati rematik seperti Methotrexate, Lithium yang digunakan dalam mengobati bipolar disorder ataupun ibuprofen diketahui juga akan memberikan efek yang sama pada rambut sebagaimana obat anti depressant.

Baca juga: 20+ Cara Meluruskan Rambut Keriting Pria Permanen (100% Ampuh)

Nah itulah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut kita. Dan untuk cara memperpanjang rambut dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami bisa anda simak di bawah ini.

Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami

1. Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini cukup terkenal akan manfaatnya untuk rambut, salah satunya ialah untuk merangsang pertumbuhan rambut supaya tumbuh lebih cepat. Cukup dengan melakukan pijatan lembut di kulit kepala, akan membantu memperlancar sirkulasi darah, menguatkan akar rambut serta menjaga kelembaban rambut. Adapun cara menumbuhkan rambut dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan minyak zaitun, dan hangatkan sebentar.
  • Kemudian celupkan ujung-ujung jari anda ke dalam minyak zaitun tersebut.
  • Lalu pijatkan ke kulit kepala anda secara perlahan dengan gerakan melingkar.

2. Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Jarak

Minyak jarak ini kaya akan kandungan asam lemak omega 9, vitamin E serta lemak essential yang bisa mendorong pertumbuhan rambut. Minyak ini memiliki tekstur yang kental, jadi bisa dicampurkan dengan minyak zaitun, minyak kelapa ataupun minyak almond. Adapun cara menumbuhkan rambut dengan minyak jarak adalah sebagai berikut:

  • Campuran minyak ini dipijat ke kulit kepala Anda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Seusai itu cuci rambut sampai bersih atau dengan cara berkeramas seperti biasanya.
  • Anda dapat juga memberi tambahan minyak esensial, seperti minyak peppermint, eucalyptus, rosemary, lavender ataupun minyak thyme.
  • Campurkan seperti cara di atas lalu pijat ke kulit kepala Anda.

3. Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Argan

Minyak argan merupakan minyak nabati yang berasal dari tanaman endemic di Maroko yakni dari biji pohon argan. Minyak ini pun memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga agar rambut tetap sehat.
Selain itu, minyak argan juga bermanfaat untuk menjaga rambut bercabang karena mengandung asam lemak, asam amino dan beberapa senyawa aktif yang lainnya. Adapun cara memanjangkan rambut menggunakan minyak argan adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan minyak argan 4 sendok teh.
  • Tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa asli dan 2 sendok makan madu.
  • Lalu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut anda sa,pai merata, kemudian tutuplah rambut menggunakan shower cap atau handuk selama kurang lebih 30 menit.
  • Terakhir cucilah rambut anda menggunakan shampo dan bilas hingga bersih dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini secara rutin 1 sampai 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Cara Memanjangkan Rambut dengan Kentang

Selanjutnya ialah dengan memanfaatkan kentang sebagai media untuk merawat rambut. Mungkin kita jarang mendengar bahwa kentang juga bermanfaat untuk rambut. Namun terbukti kalau kentang cukup efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut.

Kentang mengandung zat besi, niasin, zinc, mangan dan vitamin B, C yang membantu pertumbuhan folikel rambut dan mampu membersihkan dari minyak, bakteri, debu yang menyumbat folikel. Adapun cara memanfaatkan kentang untuk memanjangkan rambut ialah sebagai berikut:

  • Siapkan 4 buah kentang ataupun secukupnya, lalu kupas dan cuci hingga bersih.
  • Blender kentang sampai halus dengan menambahkan 100 ml air.
  • Setelah itu peraslah kentang yang sudah halus tadi menggunakan kain untuk mengambil sarinya.
  • Sari tersebut kemudian diaplikasikan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala anda secara merata dengan pijatan yang lembut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Terakhir cuci rambut anda sampai bersih atau dengan berkeras menggunakan shampoo. Praktekkan cara ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dalam Waktu 3 Hari

5. Cara Memanjangkan Rambut dengan Bawang

Bawang sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur, tapi tahukah anda kalau bawang ternyata dapat dimanfaatkan juga untuk meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Kandungan senyawa sulful yang terdapat pada bawang mampu merangsang terbentuknya kolagen di dalam kulit kepala. Senyawa inilah yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut.

Adapun cara memanjangkan rambut secara alami dengan bawang adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa bawang merah ataupun bawang Bombay lalu iris dan haluskan.
  • Selanjutnya bawang yang sudah dihaluskan diperas untuk memperoleh sarinya.
  • Sari bawang tersebut kemudian diaplikasikan ke kulit kepala secara merata dengan memijatnya secara lembut.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan rambut atau berkeramas dengan shampoo. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Cara Memanjangkan Rambut dengan Alpukat

Alpukat yang terkenal sebagai buah yang banyak manfaat ini juga bisa dipergunakan untuk penumbuh rambut alami. Buah ini kaya akan kandungan asam amino, protein, asam folat, zat besi, potasium dan vitamin A, D, E, B5 yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaganya untuk tetap sehat.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan alpukat ialah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan daging buah alpukat setengah (secukupnya) lalu haluskan.
  • Tambahkan juga satu buah kuning telur yang sudah dikocok, kemudian aduk sampai merata.
  • Bersihkan dan basahkan terlebih dahulu kulit kepala anda, lalu baru oleskan campuran tadi dan siamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu cuci rambut anda sampai bersih dengan air dingin. Terapkan perawatan ini secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Cara Memanjangkan Rambut dengan Madu

Madu sudah lama dikenal sebagai obat herbal yang banyak manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan. Madu juga cukup berperan dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

Madu ini bisa bertindak sebagai emollient, ataupun zat yang akan mengunci dan menjaga kelembaban rambut kita.
Madu juga mempunyai sifat anti inflamasi, senyawa antioksidan dan antibakteri yang mampu mencegah rambut kita dari kerusakan sehingga bisa tumbuh secara optimal.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan madu adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sendok makan madu lalu dilarutkan.
  • Tambahkan juga 2 sendok makan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.
  • Kemudian aplikasikan campuran madu dan minyak zaitun ini ke kulit kepala anda dengan cara memijatnya selama kurang lebih 10 menit.
  • Terakhir bilas rambut anda sampai bersih, atau berkeramas dengan shampo yang berfomulasi ringan. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Penting!
Pastikan madu yang anda gunakan adalah madu asli tanpa campuran agar khasiatnya optimal.

8. Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung protein dan senyawa asam lemak yang terkenal baik untuk kesehatan rambut. Dengan menggunakan minyak kelapa untuk memijat kulit kepala mampu membantu mengatasi ketombe, kerontokan dan masalah-masalah rambut lainnya. Ketika rambut sehat, maka pertumbuhan rambut pun bisa menjadi lebih cepat.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan minyak kelapa ialah sebagai berikut:

  • Pertama hangatkan terlebih dahulu 2-3 sendok makan minyak kelapa.
  • Jika sudah cukup hangat ketika dipegang, selanjutnya pijatlah kulit kepala anda menggunakan minyak kelapa tersebut selama lebih kurang 15 menitan.
  • Terakhir keramas seperti biasa dan bilaslah menggunakan air dingin. Lakukan perawatan menggunakan minyak kelapa ini 2-3 kali seminggu secara rutin.

9. Cara Memanjangkan Rambut dengan Yogurt

Yogurt juga terkenal banyak akan manfaatnya bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan pencernaan kita. Dan bagi rambut, yogurt bisa membantu dalam menjaga kulit kepala, mencegah rambut bercabang, dan dapat melindungi bagian katikula rambut.

Salah satu tanda bahwa rambut kita sehat adalah dengan meilihat ujungnya yang tidak bercabang sehingga tidak perlu untuk memotongnya. Nah untuk bisa mendapatkan rambut yang panjang, halus dan sehat, anda patut mencoba melakukan perawatan dengan masker rambut dari yogurt ini.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan yogurt adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sendok yogurt plain.
  • Lalu kocok bersamaan dengan 1 kuning telur.
  • Selanjutnya campuran ini dioleskan pada rambut kering atau basah sempai merata dan diamkan selama lebih kurang 30 menit.
  • Terakhir cuci rambut anda menggunakan shampo sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu secara rutin.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat dan Alami

10. Cara Memanjangkan Rambut dengan Cuka Apel

Cuka apel juga dikenal mempunyai beberapa manfaat bagi rambut, slah satunya ialah dalam mempercepat tumbuhnya rambut.

Cuka apel ini bisa anda gunakan untuk membilas rambut anda setelah berkeramas.
Selain itu, cuka apel ini juga dapat membantu membersihkan folikel rambut anda sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan aliran darah di kulit kepala kita.

Dengan lancarkan sirkulasi darah, maka nutris akan lebih gampang diserap dan akan membuat rambut panjang dengan cepat.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan cuka apel adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sendok cuka apel dengan segelas air, ataupun 1/3 cuka apel dengan satu liter air, kemudian larutkan.
  • Lalu berkeramaslah terlebih dahulu, setelah itu bilas rambut anda dengan larutan cuka apel tersebut. Lakukan perawatan ini setiap habis berkeremas dan anda bisa melihat hasilnya setelah beberapa minggu.

11. Cara Memanjangkan Rambut dengan Seledri

Seledri selain bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut, ternyata bisa juga untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Bumbu dapur yang satu ini mengandung, mineral, zat antibakteri, antioksidan dan vitamin yang bisa membantu menjaga rambut tetap sehat. Seledri bisa anda gunakan sebagai masker untuk merawat rambut.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan seledri adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 5 (secukupnya) daun seledri yang masih segar lalu haluskan dengan batangnya.
  • Tambahkan juga 3-5 sendok makan minyak zaitun dan campur sampai merata.
  • Aplikasikan secara merata masker seledri ini ke kulit kepala anda hingga ke ujung rambut, lalu diamkan selama lebih kurang 20 menitan.
  • Terakhir cucilah rambut anda dengan air dingin sampai bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan dengan seledri ini seminggu sekali secara rutin.

12. Cara Memanjangkan Rambut dengan Santan

Santan juga bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut secara alami. Tidak hanya berguna untuk masakan, ternyata santan juga bisa dimanfaatkan untuk menutrisi rambut anda supaya lebih sehat.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan santan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan santan kelapa secukupnya.
  • Pastikan rambut sudah bersih dari kotoran.
  • Kemudian pijatlah rambut anda dengan santan selama kurang lebih 5 menit dan diamkan selama 30 menitan.
  • Terakhir bilas rambut anda sampai bersih.

13. Cara Memanjangkan Rambut dengan Teh Hijau

Teh hijau sebagaimana yang kita tahu sangat kaya akan antioksidan di dalamnya yang bisa membantu memanjangkan rambut dengan cepat dan dapat mencegah dari kerontokan.

Teh hijau bisa anda gunakan cukup dengan mengoleskan seduhan teh hijau yang sudah dihangatkan terlebih dahulu ke kulit kepala anda secara merata. Lalu diamkan selama 1 jam dan cuci rambut dengan air dingin.

14. Cara Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu mampu memanjangkan rambut dengan cepat. Selain itu juga bisa membuat rambut anda terjaga kesehatannya.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan lidah buaya yang masih segar secukupnya, lalu ambil gelnya.
  • Gel lidah buaya tadi lalu dioleskan ke seluruh bagian rambut anda secara merata, lalu diamkan selama 30 menitan.
  • Setelah itu bilaslah rambut anda sampai benar-benar bersih.

15. Cara Memanjangkan Rambut dengan Kulit Apel

Kulit apel juga tidak kalah dari daging buahnya, selain dagingnya yang enak dan banyak manfaatnya, ternyata kulitnya pun juga bermanfaat untuk rambut. Kulit apel memiliki kandungan mineral, vitamin, antioksidan dan lainya yang sangat bermanfaat.

Memang masih cukup jarang penggunaan kulit apel ini sebagai media untuk perawatan rambut, namun anda tidak salah mencoba untuk memanfaatkan kulit apel ini untuk merawat rambut anda supaya tumbuh lebih cepat dan terjaga kesehatannya.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan kulit apel ialah sebagai berikut:

  • Siapkan kulit apel secukupnya.
  • Blender kulit apel sampai lembut dengan sedikit tambahan air hangat supaya lebih encer.
  • Aplikasikan ramuan kulit apel tersebut untuk memijat kulit kepala anda secara lembut, anda pun juga boleh mengoleskannya ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama 20 menitan.
  • Setelah itu bilas dengan air dan shampo sampai bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama yang Menghitam

16. Cara Memanjangkan Rambut dengan Telur

Telur dengan kandungan proteinnya bisa menjadi salah satu bahan untuk mempercepat pertumbuhan rambut anda. Selain itu, telur juga memiliki kandungan zat besi, sulfur, fosfor, selenium dan seng. Anda bisa memanfaatkan telur untuk masker rambut minimal sebulan sekali.

Adapun cara memanjangkan rambut dengan telur ialah sebagai berikut:

  • Siapkan telur, 4 sendok makan minyak biji anggur dan beberapa tetes minyak lavender.
  • Lalu kocoklah telur dan campurkan dengan keduan bahan tadi.
  • Aplikasikan di kulit kepala maupun rambut anda hingga merata dan diamkan selama ½ jam.
  • Terakhir keramas rambut anda hingga benar-benar bersih.

Sebagai alternatif lain, anda juga bisa melakukannya dengan cara berikut:

  • Kocok telur dan campurkan dengan 1 cangkir susu, 2 sendok makan minyak zaitun dan air perasan dari ½ buah lemon.
  • Campuran tersebut lalu dioleskan ke kulit kepala anda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Terakhir keramas seperti biasa.

17. Cara Memanjangkan Rambut dengan Memijat Kulit Kepala

Salah satu cara untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala ialah dengan memijat kulit kepala, dengan begitu akan membantu merangsang folikel rambut.

Supaya rambut tumbuh lebih cepat, anda bisa melakukan cara ini dengan minyak hangat ataupun masker rambut sambil memijat-mijat kulit kepala anda.

Cara memijat kulit kepala untuk memanjangkan rambut dengan cepat adalah sebagai berikut:

  • Oleskan minyak yang sudah dihangatkan sebelumnya, bisa menggunakan minyak zaitun ataupun kondisioner.
  • Gosoklah secara perlahan menggunakan jari tangan anda ke bagian kulit kepala anda dengan gerakan melingkar dan memberikan sedikit pijatan lembut selama 5 menitan.
  • Kemudian bilas rambut anda dengan menggunakan shampo yang berfomulasi ringan.

18. Cara Memanjangkan Rambut dengan Melindungi Rambut

Melindungi rambut saat berada diluar rumah juga bisa membantu proses pertumbuhan rambut anda. Paparan sinar matahari ataupun debu yang bertebaran diluar bisa membuat rambut kita hilang kelembabannya dan pada akhirnya akan membuat rambut tampak kusam dan tidak sehat. Jadi manfaatkan syal ataupun topi untuk melindungi rambut anda saat berada di luar rumah.

19. Cara Memanjangkan Rambut dengan Menggunakan Kondisioner

Rambut adalah cerminan dari diri seseorang, itulah kenapa tidak sedikit wanita yang selalu melakukan perawatan rambutnya seperti mencuci menggunakan shampo.

Tetapi tidak sedikit pula wanita yang melupakan untuk menggunakan kondisioner setelah habis berkeramas. Padahal kondisioner begitu penting dalam menjaga kondisi rambut kita agar tetap sehat.

Kondisioner dapat membantu menjaga kelembaban setiap helaian rambut kita, menghilangkan kekusaman dan bahkan bisa memperbaiki kerusakan rambut.

Dengan menggunakan kondisioner, rambut anda dapat tumbuh lebih cepat dan lebih panjang serta sehat. Jadi jangan lupa untuk terus menggunakan kondisioner setiap habis berkeramas.

20. Cara Memanjangkan Rambut dengan Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8 gelar setiap harinya selain bisa menyehatkan tubuh anda, ternyata bisa juga membantu menyehatkan rambut anda.

Air putih membantu untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh anda sehingga fungsi tubuh bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Air putih juga akan memastikan rambut anda untuk tetap terhidrasi secara baik dan akhirnya bisa membuat rambut tumbuh dengan sehat.

21. Cara Memanjangkan Rambut dengan Diet Sehat dan Seimbang

Tidak berbeda dengan tubuh, rambut pun juga membutuhkan asupan protein, nutrisi supaya bisa tumbuh dengan sehat, cepat dan kuat. Cara pertama yang bisa anda lakukan ialah melakukan diet sehat dengan memakan makanan yang kaya akan nutrisi yang seimbang.

Pada dasarnya rambut kita ini terdiri dari sebagian besar protein, oleh karena itu anda harus mengkonsumsi makanan yang seimbang kaya akan protein, mineral dan vitamin.

Anda juga bisa memilih makanan yang mengandung zat besi, magnesium, selenium, tembaga, seng, vitamin A, B, C dan E. Supaya rambut bisa panjang dengan cepat, anda juga hastus mengkonsumsi makanan yang mengandung B kompleks.

Adapun contoh makanan yang baik bagi rambut ialah seperti susu, keju, ayam, telur, yogurt, biji-bijian, bayam, salmon, brokoli, kol, paprika, peteseli, roti coklat, gandum, alpukat dan lain sebagainya yang bisa memenuhi kebutuhan akan nutrisi kulit kepala dan rambut kita. Selain itu, anda juga bisa menambahkan minuman segar seperti jus sayur, jus buah seperti wortel, jeruk anggur, jus selada atau buah bit.

Batang rambut terdiri dari 3% asam lemak omega 3, jadi anda juga bisa menggunakan asam lemak omega 3 untuk memanjangkan rambut dengan cepat dan menjaga kesehatan rambut. Asam lemak omega 3 bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, biji rami, minyak zaitun, kenari dan bahan makanan lainnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bdan Secara Cepat dan Alami

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Supaya Rambut Cepat Panjang

Setelah melakukan perawatan-perawatan sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang harus anda hindari supaya rambut cepat panjang, yakni sebagai berikut:

1. Mewarnai Rambut

Produk pewarna rambut sebagian besar mengandung amonia yang bisa merusak rambut anda seperti rambut kering. Penggunaannya secara berlebihan juga dapat mengakibatkan rambuk rontok serta merusak folikel rambut.

2. Gonta-Ganti Gaya Rambut

Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap saat kita pasti ingin gaya rambut yang berbeda supaya terlihat lebih segar. Kadang kita ingin rambut bergelombang, kadang ingin rambut lurus.

Namun dengan membiasakan gonta ganti gaya rambut seperti ini bisa menyebabkan rambut rontok akibat bahan kimia keras yang digunakan saat mengganti gaya rambut. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk menghindari kebiasaan gonta ganti gaya rambut tersebut dan sukailah rambut alami anda.

3. Menyisir Rambut Saat Basah

Salah satu kebiasaan yang sering sekali kita lakukan adalah menyisir rambut sehabis berkeramas. Padahal kondisi rambut yang basah masih dalam keadaan yang rapuh dibandingkan saat kering, sehingga dengan menyisir rambut saat basah akan membuat rambut mudah rontok. Alangkah lebih baik jika anda menunggu supaya rambut kering dengan sendirinya, kemudian baru disisir dengan lembut.

4. Mencuci Rambut dengan Air Panas

Penggunaan air panas ataupun air hangat saat membilas rambut bisa mengakibatkan rambut rapuh dan kering. Jadi sebaiknya gunakan air dingin untuk membilas rambut supaya kelembabannya terjaga dan rambut tetap sehat.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Mengikat rambut memang diperbolehkan, karena rambut yang terurai memang cukup mengganggu aktifitas kita. Namun jangan mengikat rambut terlalu kuat, karena bisa mengakibatkan rambut terlepas dari akarnya dan rentan rusak. Jadi jika memang harus mengikatnya, maka hindari ikatan yang ketat dan terlalu kuat.

6. Terlalu Sering Berkeramas

Tidak sedikit wanita beranggapan bahwa dengan berkeramas setiap hari bisa mendapatkan rambut yang sehat serta bisa panjang dengan cepat. Berkeramas memang bisa menjaga rambut terjaga kebersihannya, namun keseringan berkeramas ternyata tidak baik bagi kesehatan rambut kita.

Berkeramas setiap hari bisa menyebabkan rambut mengering dan bisa menghilangkan sebagian minyak alami hasil produksi rambut kita. Minyak ini cukup berperan bagi rambut dalam menjaga rambut supaya tetap lembab.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengurangi frekuensi keramas anda menjadi 2-3 hari sekali saja. Selain itu, pada saat berkeramas usahakan untuk menyiram rambut dengan air dingin. Air dingin bisa membantu melembutkan katikula rambut dan mencegah dari kekeringan maupun kerusakan yang diakibatkan oleh keseringan menggunakan alat pemanas rambut.

7. Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol kita tahu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam rokok dan alkohol mengandung zat kimia yang sangat berbahaya. Bagi rambut, zat ini bisa mempengaruhi asupan nutrisi ke rambut kita.

8. Stres

Jika segala macam perawatan rambut sudah kita lakukan secara rutin dan tepat, namun pertumbuhan rambut masih sangat lamban dan tidak sehat. Ini dikarenakan faktor stres. Tingkat stres yang terlalu tinggi bisa menyebabkan rambut kusam, kekurangan gizi dan rontok yang tentunya akan memperlambat pertumbuhan rambut.

Nah jika anda ingin rambut anda tumbuh dengan cepat dan pastinya sehat, maka anda harus menghindari stres. Stres bisa saja dihindari dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menenangkan diri seperti yoga, meditasi maupun mendengar musik favorit anda.

9. Membungkus Rambut dengan Handuk

Salah satu cara mengeringkan rambut yang sering dilakukan wanita ialah dengan membungkus rambut dengan handuk. Meskipun kegiatan ini sangat logis untuk dilakukan, namun kebiasaan ini harus dihindari karena nyatanya bisa membuat rambut anda menjadi rusak.

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bahwa pada kondisi basah, rambut lebih rapuh dari biasanya sehingga sangat rawan terjadi kerusakan. Jadi anda bisa mengganti kebiasaan membungkus rambut dengan menepuk-nepuk rambut dengan handuk kering untuk mencegah kerusakan rambut.

10. Penggunaan Alat Styling Panas

Menggunakan alat penata rambut yang mengeluarkan panas sangat beresiko merusak dan membuat rambut anda menjadi keriting. Jadi sangat disarankan ketika menjalani perawatan cara memanjangkan rambut secara alami seperti yang sudah dipaparkan di atas, sebaiknya anda berhenti menggunakan alat-alat styling rambut yang mengeluarkan panas supaya rambut anda bisa tumbuh panjang dengan cepat dan sehat pastinya.

Itulah 20+ cara memanjangkan rambut secara alami yang paling ampuh. Dengan cara-cara perawatan di atas tadi mudah-mudahan rambut anda bisa panjang dengan cepat dan kesehatannya pun terjaga karena tidak menggunakan bahan kimia. Akhirnya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih dan selamat mencoba.