Cara Mencegah Obesitas Secara Sederhana

Diposting pada

Cara mencegah obesitas. Yang namanya berlebihan itu pasti tidak baik. Misalnya, ukuran perut manusia yang melebihi batas normal alias kegemukan itu tidak baik, bahkan menjadi sumber penyakit. Karena itu, harus dicegah sedini mungkin, agar tidak berakibat fatal di kemudian hari.

Kegemukan atau obesitas, tetap akan menjadi masalah menarik bahkan mengundang banyak pihak untuk andil di dalam upaya pencegahannya. Coba hitung berapa banyak obat-obat atau suplemen yang menawarkan produk mereka yang bisa membakar dan menurunkan lemak dalam waktu cepat. Belum lagi jasa katering yang menawarkan menu sehat untuk diet menurunkan berat badan. Tentu, sulit dihitung jumlahnya.

Penyebab Obesitas

Penyebab kegemukan sebenarnya sederhana, yakni sebagai akibat volume makan yang berlebihan dari ukuran normal. Apalagi, masyarakat Indonesia yang sulit untuk mengkonsumsi makanan tidak lebih dari satu piring. Padahal, Rasulullah menganjurkan agar berhentilah makan sebelum merasa kenyang.

Lebih buruk lagi, yang dikonsumsi masyarakat justru yang paling banyak mengandung lemak seperti gorengan dan sayuran yang mengandung santan. Bahkan, merokok sesudah makan yang dianggap sebagai pelengkap prosesi makan pun sudah dinilai biasa. Padahal, pada sebatang rokok yang dihisap itu mengandung sedikitnya 4000 jenis kimia.

Akibatnya pun jelas, jika volume makan manusia setiap hari berlebihan, ditambah lagi dengan merokok. Maka, badan tidak hanya menjadi gemuk tapi juga menyebabkan kekebalan tubuh atau imunitas menjadi berkurang. Jika kegemukan terjadi, maka kadar gula akan menjadi tinggi, lemak yang ada di dalam tubuh berlebihan, tekanan darah pun berada pada angka di atas normal. Bahkan, bisa menjadi rentan terhadap berbagai penyakit.

Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Buta

“Bila tidak diantisipasi secepatnya akan berkembang menjadi penyakit jantung yang disebut Metabolic Syndrome. ungkap Kepala Divisi Ebdoktrin dan Metabolik Departemen Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Dr.dr. Sidartawan Soegondo, Sp.Pd-KEMD, beberapa waktu lalu di Kuta, Bali.

Menurut Sidartawan yang kala itu didampingi oleh Dr. Harmini Kalim MPH.SpJP dan Dr. John MF. Adam, SpPD-KEMD, penyakit ‘Metabolic Syndrome’ yang mematikan tersebut sebenarnya bisa dicegah sedini mungkin, yakni dengan menurunkan volume makan namun bergizi, olah raga yang teratur, kurangi minum beralkohol, dan kurangi merokok.

Sebagai contoh, kebiasaan masyarakat Surabaya yang mengkonsumi makanan secara berlebihan dan kurang gizi mengalami penyakit mematikan tersebut cukup tinggi, yakni mencapai 30-33 persen dari jumlah penduduk. ”Bila tidak dicegah dan tidak dilakukan perawatan segera. Maka, penyakit Metabolic Syndrome, akan menyebabkan penyakit jantung koroner, stroke, dan penyempitan pembuluh darah”, tegasnya.

Untuk itu, Sidartawan, kembali mengemukakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap serangan penyakit tersebut, pihaknya bersama sejumlah para dokter termasuk ahli jantung, tahun 2003 yang lalu secara internasional telah membentuk “Metabolic Syndrome Institut”.

Bagaimana Cara Menghindari Obesitas Jelaskan!

Dokter Sidartawan yang lahir di Amsterdam, 14 Agustus 1944 itu, berharap kepada masyarakat di tanah air, agar sedini mungkin untuk mengadakan pencegahan terhadap penyakit dengan mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung gizi, dan melakukan pola hidup sehat.

Dokter Walfred McLane, ahli gizi pada rumah sakit di California, Amerika, menganjurkan untuk mencegah makan berlebih, ada baiknya sebelum makan makanan utama, makanlah lebih dahulu buah-buahan seperti pisang, jeruk, anggur dan sebagainya. Tujuannya, selain agar perut terasa kenyang sehingga untuk menyantap menu utama menjadi berkurang. Selain itu juga untuk memudahkan pencernaan ketika melalui di dalam usus besar guna menghindari sembelit.

Beberapa Tips Cara Mencegah Obesitas

1. Cara Mencegah Obesitas: Makan ketika benar-benar lapar

Cara mencegah obesitas
hellosehat.com

Cara pertama yang bisa anda biasakan untuk mencegah obesitas ialah dengan makan ketika anda benar-benar dalam keadaan lapar. Kemudian berhentilah makan ketika rasa kenyang itu datang, jangan tunggu sampai Anda benar-benar kekenyangan sehingga untuk berjalan pun Anda merasa tidak sanggup.

2. Cara Mencegah Obesitas: Kunyah makanan Anda secara perlahan.

Ambillah waktu sekitar 20 menit untuk mengkonsumsi makanan Anda. Mengunyah makanan secara perlahan dan lebih lama akan membuat Anda merasa seolah-olah sedang makan dalam porsi yang besar, sehingga Anda pun akan merasa cepat kenyang. Sambil menunggu makanan selesai dikunyah dan masuk ke dalam perut Anda, serta supaya Anda merasa tidak bosan karena kelamaan mengunyah, carilah rekan untuk Anda ajak bercakap-cakap. Setelah beberapa suapan, Anda akan menelungkupkan sendok dan garpu Anda, meski hidangan Anda masih tersisa banyak.

3. Cara Mencegah Obesitas: Makan ketika duduk berdiam diri.

Makanlah ketika Anda sedang duduk berdiam diri, karena hal ini akan membantu Anda berpikir tentang berapa banyak jumlah makanan yang Anda masuk ke mulut Anda. Anda akan lebih mampu mengontrol diri. Hindari kebiasaan mengemil ketika sedang menonton televisi karena perhatian Anda terfokus pada apa yang Anda lihat sehingga tidak lagi memikirkan berapa banyak cemilan yang Anda habiskan. Tanpa Anda sadari, cemilan Anda mungkin sudah ludes sebelum acara yang Anda tonton berakhir. Anda lalu akan terus mencari cemilan untuk menemani Anda menonton televisi seharian penuh. Anda mungkin akan sulit untuk menghentikan kegiatan ngemil Anda meski layar televisi Anda sudah menayangkan acara ”semut berantem”.

4. Cara Mencegah Obesitas: Gunakan piring kecil.

Makanlah dengan menggunakan piring yang berukuran kecil. Dengan wadah yang kecil, maka porsi makanan Anda seolah-olah akan terlihat “munjung”. Jika Anda menggunakan piring berukuran besar, maka Anda akan merasa bahwa apa yang Anda ambil seolah-olah terlihat sedikit. Anda merasa kurang, lalu Anda akan menambah porsi makanan Anda.

5. Cara Mencegah Obesitas: Minum yang banyak sebelum makan.

Banyak-banyaklah minum sebelum Anda menyantap hidangan. Hal ini akan membuat perut Anda terasa penuh, sehingga rasa lapar Anda akan berkurang.

6. Cara Mencegah Obesitas: Tunggu 10 menit sebelum ngemil.

Tunggulah sekitar 10 menit sebelum Anda ngemil. Setelah menyantap hidangan utama, biasanya Anda akan langsung menyikat makanan ringan. Ambillah jeda waktu sekitar 10 menit sebelum Anda ngemil karena hal ini biasanya akan membuat Anda merasa sadar bahwa Anda sebenarnya sudah merasa kenyang dan tidak perlu lagi memenuhi perut Anda dengan cemilan.

7. Cara Mencegah Obesitas: Letakkan buah dan sayuran di tempat yang mudah terlihat.

Letakkan buah dan sayuran di tempat yang strategis dalam kulkas Anda. Usahakan agar ketika Anda membuka kulkas, yang Anda lihat pertama kali adalah buah dan sayuran, bukan es krim atau makanan penuh lemak lainnya, sehingga Anda akan tergoda untuk selalu menyantap makanan yang kaya akan serat dan gizi tersebut.

Nah itulah beberapa kebiasaan sederhana sebagai cara mencegah obesitas yang bisa anda praktekkan sehari-hari di rumah. Silahkan like dan share artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.