Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama yang Menghitam

Diposting pada

Cara menghilangkan bekas luka lama – Pada artikel yang telah lalu saya sudah memposting tentang cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari. Sedangkan untuk kesempatan yang berbahagia ini, saya akan mengulas tentang tips cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam. Bagaimana caranya? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Bekas luka lama pada kulit serta wajah kita dapat di sebabkan oleh berbagai hal, bisa di karenakan luka bakar terkena knalpot, bekas operasi, jerawat dan lain-lain sebagainya. Dan untuk menghilangkan bekas luka tersebut alangkah baiknya jika menggunakan cara yang alami. Karena dengan cara alami tidak akan mendatang efek samping di kemudian hari sebagaimana yang dilansir oleh warassehat.com.

Cara menghilangkan bekas luka lama secara alami yang kami maksud disini ialah menggunakan bermacam bahan herbal, diantaranya ialah lidah buaya, mentimun, minyak zaitun, dan ada banyak lagi lainnya. Bahan-bahan alami tersebut telah terbukti mampu menghilangkan bekas luka lama meskipun tidak instan karena memerlukan proses dan waktu.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama
Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama

Umumnya cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam dikulit kita tidak dapat dilakukan dalam tempo waktu yang singkat. Namun apabila dibiarkan bigitu saja, maka bisa-bisa menghilang atau memudar dalam jangka waktu yang lebih lama, baik bulan bahkan tahun.

Namun semua juga tergantung dari tingkat keparahan luka yang dialami. Disinilah letak permasalahnya sebenarnya. Bekas luka yang terdapat di wajah, kaki atau di bagian lainnya pada tubuh kita yang tidak tertutup pakaian tentu dapat membuat kita tidak nyaman dan dapat mengurangi rasa percaya diri kita.

Banyak produk saat ini yang diklaim mampu menghilangkan bekas luka lama di kulit. Namun tentu produk tersebut tidak bersahabat dengan kulit kita karena mengandung bahan-bahan kimia.

Selain itu daripada itu, pada dasarnya menghilangkan bekas luka lama yang sudah menghitam tidak bisa dilakukan dengan cara apapun dalam waktu yang instan, bahkan menggunakan laser dan operasi plastik pun memerlukan waktu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat dan Alami

Maka dari itu ada baiknya apabila Anda mencoba terlebih dahulu beberapa cara menghilangkan bekas luka lama dengan cara alami yang akan saya uraikan satu-persatu berikut ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Yang Menghitam Secara Alami

1. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Lidah Buaya

Lidah buaya banyak mengandung senyawa biologis aktif, seperti polymannans, mannans asetat, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri. Lidah buaya berkhasiat untuk Anti Laksatif, inflamasi, Ekspektoran dan Stomakik. Cara memakainya yaitu dengan dioleskannya gel lidah buaya tersebut pada bekas luka. Cobalah untuk menerapkan tutorial ini 2 hingga 3 kali dalam sehari. Bahan alami ini bisa merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru sebab mengandung ligmin serta asam amino yang cukup banyak.

2. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Madu

Madu juga mampu meregenerasi kulit kita, jadi bisa mempercepat proses pemudaran bekas luka. Cara memakainya yakni dengan mengoleskan madu kemudian diamkan sepanjang kurang lebih 20 menitan. Cara ini bebas untuk kamu terapkan kapan saja, bahkan saat menjelang tidur pada malam hari jga tidak masalah.

3. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun pada bekas luka dikulit anda. Agar lebih efektif lakukan juga pemijatan supaya kandungan minyak zaitun bisa meresap.

4. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Buah Mentimun

Pertama-tama haluskan buah mentimun, kemudian balurkan pada bekas luka di kulit. Aplikasikan cara ini pada malam hari saat menjelang tidur dan diamkan sampai pagi hari. Supaya mentimun tidak berceceran silahkan gunakan perban.

5. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Mengkudu

Silahkan blender satu buah mengkudu, kemudian balurkan mengkudu yang sudah diblender pada bekas luka di kulit. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian terakhir jangan lupa dibersihkan menggunakan air.

Baca juga: 20+ Cara Meluruskan Rambut Keriting Pria Permanen (100% Ampuh)

6. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Daun Mint

Pertama-tama tumbuk dahulu 5-6 lembar daun mint, kemudian oleskan pada bekas luka di kulit. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian yang terakhir bersihkan menggunakan air. Bahan yang tersisa dapat di simpan di kulkas agar bisa digunakan berikutnya.

7. Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Jeruk Nipis

Pertama silahkan iris-iris jeruk nipis, kemudian gosokkan irisan tersebut pada bekas luka. Terakhir bilas dengan air hangat. Cara ini tentu memberikan rasa pedih/perih, namun meskipun demikian jika dilakukan dengan rutin maka bisa menghilangkan bekas luka.

8. Cara Menghilangkan Bekas Luka lama dengan Minyak Lavender, Biji Rami, Ekstrak Biji Anggur, dan Vitamin E

Bahan-bahan tersebut bisa memudarkan bekas luka lama pada kulit walaupun memerlukan waktu yang tidak sedikit. Anda bisa menggunakan produk penghilang bekas luka yang kini telah banyak dijual dipasaran. Produk tersebut biasanya juga mengandung beberapa bahan alami tersebut.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam kali ini. Semoga informasi yang telah kami uraikan di atas bisa membantu Anda sekalian dalam menghilangkan bekas luka lama pada kulit. Dan seperti yang telah kami sebutkan di atas, bahwa menghilangkan bekas luka membutuhkan waktu yang tidak instan, bahkan cara modern seperti pemakaian laser dan operasi pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika informasi cara menghilangkan bekas luka lama secara alami ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk di ‘Like’ dan di ‘Share’ kepada teman atau kerabat Anda yang lain. Sehingga tips yang telah kami sajikan ini bisa menjadi referensi juga bagi mereka dalam menghilangkan bekas luka. Silahkan tunggu informasi-informasi lainnya dari kami, hanya di yessehat.com. Salam sehat dari kami. Terima kasih.