Cara Menghilangkan Benjolan di Lengan Secara Alami

Diposting pada

Cara menghilangkan benjolan di lengan – Jika Anda terganggu dan jengkel dengan benjolan pada lengan Anda, Anda tidak sendirian. Banyak orang menderita hal ini, pada kondisi kulit umum dikenal sebagai keratosis pilaris, atau yang juga disebut sebagai ‘kulit ayam’.

Selain lengan, benjolan kulit ini dapat ditemukan pada paha, pipi atau pantat. Kondisi ini terjadi karena penumpukan keratin (sejenis protein) dalam pori-pori kulit, yang menyebabkan penyumbatan di dalam folikel rambut. Ini hasil dalam pembentukan benjolan kecil yang mana rambut harus berkembang.

Penyebab pasti penumpukan keratin sampai saat ini belum diketahui, tetapi para ahli percaya bahwa kondisi kulit seperti dermatitis atopik dan penyakit genetik dapat menyebabkan masalah ini.

Keratosis pilaris umum pada anak-anak dan remaja, dan mempengaruhi orang dewasa. Orang yang memiliki kulit kering, eksim, demam jerami atau melanoma berada pada risiko tinggi menderita masalah ini. Hal ini juga lebih umum pada wanita dan orang-orang yang mengalami obesitas.

Cara Menghilangkan Benjolan di Lengan Secara Alami
Cara Menghilangkan Benjolan di Lengan Secara Alami

Bersama dengan mengangkat benjolan pada kulit, gejala lain termasuk benjolan yang muncul dalam warna yang berbeda, warna bayimu sedikit, atau kemerahan di sekitar gundukan, gatal, kekeringan, dan kulit yang terasa agak seperti amplas. Gejala memburuk pada bulan-bulan musim dingin ketika kulit cenderung kering serta selama kehamilan.

Selain keratosis pilaris, banyak kondisi juga yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di lengan, yang meliputi jerawat, eksim Alergi, sengatan serangga, keloid, tahi lalat, psoriasis, kutil maupun cacar air.

Apakah benjolan yang mucul pada lengan merupakan keratosis pilaris ataupun karena hal lain? Anda dapat mengatasi masalah ini di rumah dengan beberapa solusi alami yang sederhana, efektif serta dengan menerapkan beberapa perubahan gaya hidup.

Cara Menghilangkan Benjolan di Lengan Secara Alami

Sebagimana yang dilansir di situs top10homeremedies.com. Terdapat 10 cara untuk menghilangkan benjolan di lengan yang bisa anda praktekkan dirumah, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat yang baik untuk menyingkirkan benjolan pada lengan. Sifat asam ringan membantu mempertahankan tingkat pH alami kulit. Pada kenyataannya, cuka sari apel dapat juga digunakan untuk mengobati berbagai masalah pada kulit.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan cuka sari apel ialah:

  • Campurkan cuka sari apel organik dan air.
  • Oleskan pada lengan Anda, biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas.
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menambahkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah, tanpa filter untuk segelas air dan minum dua kali sehari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dan Bekasnya Secara Alami

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang sangat baik dengan asam lemaknya yang dengan mudah menembus ke dalam kulit dan memelihara dari dalam.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk megatasi kulit kering anda yang dapat memperburuk benjolan Anda dan membuat gundukan di lengan Anda lebih terlihat. Selain itu juga bisa memberikan manfaat anti-inflamasi dan antimikroba.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan minyak kelapa ialah sebagai berikut:

  • Pijat daerah yang benjol dengan beberapa minyak kelapa yang hangat selama 5 menit.
  • Lakukan cara ini dua kali sehari.

Atau Anda dapat mengkonsumsi 1 sendok teh minyak kelapa setiap hari. Secara bertahap tingkatkan jumlah hingga 3 sendok makan perhari.

3. Aloe Vera

Aloe vera (lidah buaya) dikenal karena sifat menenangkan dan melembabkan, sehingga membuatnya obat yang baik untuk memerangi kekeringan kulit yang dapat memperburuk gejala keratosis pilaris.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan lidah buaya ialah:

  • Siapkan ekstrak gel dari daun lidah buaya.
  • Terapkan ke seluruh daerah yang terkena.
  • Pijat selama beberapa menit untuk membantu gel meresap ke dalam kulit.
  • Tunggu 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Melakukan ini sekali atau dua kali sehari.

Bila mungkin, gunakan gel segar dari tanamannya langsung.

4. Minyak Zaitun

Menjaga kulit tetap lembab adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi benjolan pada lengan. Ketika berbicara pelembab alami, maka minyak zaitun adalah pilihan yang sangat baik.

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat membantu mengobati kulit kering dan membantu proses penyembuhan.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan minyak zaitun ialah:

  • Gosokkan minyak zaitun hangat pada lengan Anda.
  • Pijat ringan menggunakan gerakan melingkar dan tunggu 30 menit.
  • Mandi untuk bilas, kemudian oleskan pelembab ringan.

Untuk perawatan mingguan, tambahkan minyak zaitun cukup untuk 1 sendok makan gula untuk membuat pasta. Rendam kulit Anda, kemudian gunakan campuran ini sebagai scrub lembut untuk membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Lalu cuci dan oleskan pelembab. Lakukan cara ini sekali dalam seminggu.

5. Yogurt

Yogurt juga menjadi salah satu obat yang sangat efektif untuk menyingkirkan benjolan kecil pada lengan. Yoghurt memiliki sifat pelembab kulit yang membantu mengatasi kulit kering. Ditambah asam laktat yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan keratin dari folikel rambut.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan yogurt ialah:

  • Pijat lembut beberapa yogurt pada kulit yang terkena selama 2 sampai 3 menit.
  • Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  • Lakukan cara ini sekali sehari.

Selain itu, campurkan ½ cangkir yoghurt, 1 sendok makan madu dan sedikit minyak almond. Aplikasikan pada kulit Anda dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin. Praktekkan cara ini sekali sehari.

6. Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan juga dapat membantu menghilangkan benjolan pada lengan. Minyak ikan mengandung asam lemak esensial seperti omega-3 yang membantu menjaga kulit tetap lembab dan melawan kekeringan.

Dengan kulit tetap lembab maka dapat membantu Anda menyingkirkan keratosis pilaris dan mencegah munculnya kembali.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan suplemen minyak ikan:

  • Ambillah 1-3 gram suplemen minyak ikan setiap hari.
  • Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memutuskan utnuk menggunakan suplemen.

Selain suplemen, konsumsi minyak ikan seperti salmon, mackerel, ikan trout, sarden, dan tuna, yang merupakan sumber yang baik dari asam lemak esensial. Sumber omega-3 asam lemak yang tumbuh chia benih, biji rami, dan biji jintan hitam dan minyak.

7. Vitamin A

Dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin A juga bisa menjadi penyebab di balik pembentukan benjolan pada lengan. Vitamin A mengandung retinol, yang membantu dalam omset cell dan mencegah folikel rambut dapat terpasang.

Selain itu, vitamin ini juga bisa menjadi nutrisi penting bagi kesehatan kulit dan dapat membantu meningkatkan tampilan dan nuansa dari kulit Anda.

Cara menghilangkan benjolan di lengan dengan vitamin A ialah:

  • Bongkar satu kapsul vitamin A, peraslah minyaknya dan terapkan secara langsung pada kulit.
  • Pijat dengan lembut selama beberapa menit, kemudian biarkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Terakhir bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini dua kali dalam sehari.

Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti hati ayam, mentega, telur dan susu. Anda dapat memilih untuk mengambil suplemen vitamin A, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

8. Paparan Matahari

Hal ini penting untuk menikmati beberapa sinar matahari setiap hari. Karena dapat membantu sintesis vitamin d, yang membantu kulit mencucurkan kelebihan keratin dan bekerja sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko mengalami keratosis pilaris.

Tingkatkan vitamin D dalam tubuh Anda dengan cara duduk di bawah sinar matahari pagi. Namun, hindari paparan sinar matahari pada jam-jam puncak.

Selain dari sinar matahari, Anda juga bisa makan makanan kaya vitamin D atau berkonsultasi dengan dokter Anda tentang mengambil suplemen vitamin D.

Baca juga: Cara Menghilangkan Varises di Paha Secara Alami

9. Humidifier

Menggunakan humidifier rumah ketika kelembaban rendah dapat membantu menjaga gejala keratosis pilaris semakin memburuk. Hal ini terutama bermanfaat selama musim dingin.

Untuk menghentikan kulit dari kekeringan, gunakan humidifier portabel di rumah dan kantor Anda untuk menjaga tingkat kelembaban antara 45 dan 55 persen.

Daripada menggunakan humidifier, Anda dapat menyimpan semangkuk air di setiap kamar untuk membantu meningkatkan kelembaban di udara.

Terserah anda mau menggunakan yang mana, ingat bersihkan secara teratur untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

10. Hindari berlama-lama Mandi Shower

Ketika Anda memiliki benjolan di lengan atau di bagian lain pada tubuh Anda, hindari berlama-lama berendam di air hangat atau shower. Air panas dan panjang shower atau bathtub dapat menghapus minyak alami dari kulit dan menyebabkan kekeringan, yang pada gilirannya akan memperburuk gejala keratosis pilaris.

Dengan durasi mandi yang singkat dan hangat dapat membantu melonggarkan penumpukan keratin di pori-pori. Sementara ketika mandi, gosoklah kulit secara lembut menggunakan loofah (alat penggosok tubuh) untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan benjolan.

Untuk membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban saat mandi, Anda dapat menambahkan beberapa bahan pelembab seperti oatmeal ke air.

Selain itu, setelah keluar dari bak mandi, lap kering kulit Anda dan segera oleskan pelembab.

Tips Tambahan Cara Menghilangkan Benjolan di Lengan Secara Alami

  • Hindari menggosok kulit Anda terlalu keras, hal ini hanya akan menyebabkan iritasi dan kemerahan.
  • Hindari memencet benjolan, karena dapat menyebabkan jaringan parut tak sedap dipandang.
  • Untuk langsung membuat gundukan tak terlihat dan merasa lebih baik, gunakan pelembab hydrating.
  • Hindari gesekan dari pakaian ketat.
  • Makan lebih banyak makanan kaya magnesium dan seng untuk mengatasi kekeringan pada kulit.
  • Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk menjaga kulit terhidrasi dari dalam.

Nah itulah tadi 10 cara menghilangkan benjolan di lengan secara alami yang bisa saya bagikan kali ini untuk anda. Silahkan praktekkan dirumah jika anda mengalami benjolan di lengan anda saat ini. Lakukan secara tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terima kasih dan selamat mencoba.

Sumber: https://www.top10homeremedies.com/how-to/get-rid-bumps-arms.html