Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga Secara Alami

Diposting pada

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami merupakan artikel hari ini yang saya share untuk anda. Nah bagi anda yang mempunyai persoalan mengenai jerawat yang tumbuh di telinga anda, baik itu di tumbuh di belakang telinga, dekat anting, maka simak tips cara mengatasinya di bawah ini.

Dalam terminologi sehari-hari, kata “jerawat” dan “jerawat” sering digunakan secara bergantian. Namun, sinonimitas ini tidak sepenuhnya akurat. Sementara keduanya pasti terkait, jerawat adalah istilah yang jauh lebih luas yang mencakup berbagai kondisi kulit, sedangkan jerawat adalah manifestasi gejala jerawat. Jerawat dapat berkisar dari whitehead atau komedo ke kista atau nodul, yang semuanya berada di bawah bidang jerawat.

Berlawanan dengan kepercayaan umum, jerawat biasa terjadi di kalangan remaja tetapi tidak eksklusif untuk remaja dan dapat menyerang orang-orang dari segala usia. Faktanya, jerawat adalah masalah kulit yang paling umum di Amerika Serikat dengan sekitar 40 hingga 50 juta orang Amerika yang menderita jerawat di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut American Academy of Dermatology.

Meskipun jerawat, juga disebut jerawat, dapat muncul di mana saja di tubuh, jerawat sering cenderung terbentuk di daerah dengan peningkatan sel kulit, folikel rambut, dan kelenjar penghasil minyak. Ketiga unsur ini ditemukan di geligi telinga, saluran telinga, dan tulang rawan telinga serta di belakang atau di dekat telinga Anda, menjadikannya sebagai situs umum bagi jerawat untuk berakar.

Namun, karena telinga Anda sebagian besar tidak mengandung lemak, jerawat di telinga Anda bisa sangat menyakitkan. Selain itu, lokasi jerawat telinga yang rumit dan tersembunyi membuatnya tidak dapat diakses dibandingkan dengan jerawat di wajah, leher, dada, dan punggung Anda.

Oleh karena itu, mengobati jerawat seperti itu membutuhkan kehati-hatian dan perawatan ekstra karena, jika muncul secara tidak tepat, keluarnya kotoran dari telinga dapat masuk lebih jauh ke dalam saluran telinga, yang mengakibatkan penyumbatan dan peradangan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat di Bibir Secara Alami

Penyebab Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga Secara Alami
Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga Secara Alami

Jerawat terjadi ketika pori-pori di kulit Anda tersumbat dengan minyak atau sebum yang berlebihan, sel kulit mati, atau bakteri. Ketika puing-puing ini ditutupi oleh lapisan kulit tipis, itu memberikan penampilan whitehead yang berisi nanah. Di sisi lain, ketika sebum terkena oksigen dengan tidak adanya kulit yang menutupi pori-pori, itu berubah menjadi gelap dan membentuk komedo.

Jika komedo dan komedo tetap tidak terselesaikan untuk waktu yang cukup lama, kantung di bawah kulit dapat pecah, menjadi teriritasi, dan bahkan terinfeksi, sehingga menimbulkan peradangan jerawat. Perkembangan kondisi ini ditandai dengan terjadinya papula merah dan lunak dan pustula, nodul, dan bahkan kista berisi cairan.

Beberapa alasan umum di balik timbulnya jerawat di telinga termasuk:

  • Kebersihan buruk
  • Cuaca musim dingin dan musim panas yang ekstrem
  • Mengenakan topi atau helm
  • Fluktuasi hormonal
  • Infeksi atau benjolan keloid akibat tindik atau cedera telinga
  • Menggunakan kosmetik berkualitas rendah
  • Dapatkan pasir pantai di telingamu
  • Obat-obatan tertentu (khususnya kortikosteroid dan pil kontrasepsi)
  • Diet yang buruk
  • Stres berlebih
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif menghasilkan terlalu banyak sebum

Tanda dan Gejala Jerawat

  • Jerawat di telinga bisa sangat lunak dan menyebabkan rasa sakit ringan. Mereka juga dapat memberikan kesan yang salah bahwa telinga Anda kotor.
  • Ketika bakteri yang menginfeksi berkembang biak di dalam pori kulit yang terkena, bisa terjadi pembengkakan, kemerahan, dan nanah.

Pencegahan Jerawat

  • Bersihkan telinga Anda secara teratur untuk mencegah penumpukan minyak, kotoran, dan sel kulit mati.
  • Hindari menyentuh telinga Anda dengan jari-jari kotor.
  • Pilih produk perawatan rambut dan wajah Anda dengan hati-hati, karena dapat menjadi alasan jerawat di telinga Anda. Pembersih konvensional bisa terlalu keras pada kulit Anda, dan karenanya disarankan untuk menggunakan pembersih penyeimbang-pH.
  • Selalu jaga kebersihan ponsel dan earphone Anda, karena dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat di telinga Anda.
  • Namun, hindari menggosok telinga karena dapat mengiritasi kulit sensitif. Sebaliknya, cuci telingamu dengan lembut, dan tepuk-tepuk sampai kering dengan handuk setelah mandi dan setelah berolahraga.
  • Makan lebih sedikit makanan olahan dan makanan cepat saji.
  • Sertakan lebih banyak makanan utuh dan banyak buah-buahan dan sayuran dalam diet Anda.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter

Temui dokter Anda jika jerawat tidak sembuh dalam satu atau dua minggu atau ada tanda-tanda infeksi.

Baik besar atau kecil, Anda dapat mengobati jerawat dengan obat jerawat, antibiotik, dan obat jerawat bebas resep. Juga, jerawat di telinga Anda dapat diobati dengan beberapa pengobatan rumahan yang sederhana dan efektif.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga Secara Alami

Berikut adalah 7 cara alami untuk mengatasi jerawat di telinga yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

1. Kompres Hangat

Untuk merawat jerawat di telinga, kompres hangat bisa sangat berguna dalam membuka pori yang macet, sehingga memungkinkan jerawat mengering sendiri. Kehangatan dari kompres juga membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan jerawat.

Panas juga membantu mengurangi peradangan dan iritasi, yang pada gilirannya dapat melembutkan jerawat untuk membawa nanah ke permukaan. Setelah cairan keluar dari pori-pori, area yang terkena harus didesinfeksi dengan hati-hati dan menyeluruh dengan sabun atau pembersih ringan untuk mencegah kambuhnya atau penyebaran bakteri.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan kompres hangat:

  • Rendam handuk dalam air hangat dan peras airnya yang berlebih.
  • Oleskan kompres hangat di telinga selama 5 menit.
  • Gunakan pembersih lembut, seperti witch hazel atau alkohol, untuk mencuci telinga.
  • Gunakan obat ini dua kali sehari selama beberapa hari.

Perhatian: Pastikan kompres tidak terlalu panas sebelum mengaplikasikannya, karena pada akhirnya dapat membakar kulit sensitif telinga Anda.

2. Paket Es

Jika jerawat di telinga Anda bengkak dan menyebabkan banyak rasa sakit, kompres es bisa sangat bermanfaat. Suhu dingin akan memperlambat aliran darah dan mengurangi peradangan dengan mengencangkan kulit sementara. Ini juga membantu mengurangi kemerahan .

Bahkan American Academy of Dermatology merekomendasikan kompres es sebagai pengobatan yang efektif untuk rasa sakit akibat jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan kompres es:

  • Bungkus beberapa es batu dengan handuk tipis bersih.
  • Gosok jerawat dengan kompres es selama 10 hingga 15 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari.

Perhatian: Jangan mengoleskan es langsung pada kulit, karena dapat menyebabkan radang dingin.

3. Madu dan Kayu Manis

Baik madu dan kayu manis dapat membantu mengurangi jerawat karena sifat antimikroba mereka. Juga, kedua bahan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan jerawat.

Sebuah studi pada tahun 2017 yang dipublikasikan di Scientia Pharmaceutica melaporkan bahwa kombinasi ekstrak kulit kayu manis dan madu efektif melawan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan madu dan kayu manis:

  • Campurkan 1 sendok teh madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis.
  • Oleskan pada area yang terkena jerawat.
  • Biarkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air hangat.
  • Ulangi sekali atau dua kali sehari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Cepat dalam 1 Hari

4. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh sangat baik untuk mengobati jerawat di telinga. Khasiat antibakterinya yang kuat membantu memerangi bakteri hingga ke akar masalah kulit. Ditambah lagi bisa memberikan efek menenangkan untuk mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, dan Leprology melaporkan bahwa aplikasi topikal minyak pohon teh 5 persen adalah pengobatan yang efektif untuk acne vulgaris ringan hingga sedang.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan minyak pohon teh:

  • Encerkan 1 bagian minyak pohon teh dengan 10 bagian air.
  • Aduk rata dan celupkan bola kapas ke dalamnya.
  • Pegang bola kapas yang direndam di jerawat selama 10 menit.
  • Bersihkan area menggunakan bola kapas bersih.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari.

5. Kunyit

Dikenal luas sebagai obat mujarab untuk perawatan berbagai macam penyakit, kunyit telah mendapatkan reputasi sebagai agen penyembuhan untuk jerawat.

Ini mencegah jerawat dari pembentukan dengan secara proaktif membunuh bakteri yang menyebabkannya. Ini juga merupakan agen anti-inflamasi yang baik yang mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Buletin Kimia dan Farmasi melaporkan bahwa kurkumin dalam kunyit menunjukkan aktivitas antimikroba yang menghambat bakteri P. acnes yang sering menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan kunyit:

  • Campur kunyit dan madu dalam jumlah yang sama, lalu oleskan campuran itu langsung pada jerawat.
  • Biarkan semalaman. Pagi berikutnya, bilas dengan air dingin. Lakukan ini sekali sehari.
  • Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh kunyit ke dalam 1 gelas susu hangat, dan minum ramuan ini secara teratur sebelum tidur untuk mencegah jerawat.

6. Aloe Vera

Obat lain yang baik untuk mengobati jerawat di telinga adalah lidah buaya. Ini memiliki sifat antibakteri dan dapat mengobati kemerahan, pembengkakan, dan radang kulit yang terkena.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatological Treatment menemukan bahwa lidah buaya sangat efektif untuk pengobatan acne vulgaris ringan hingga sedang.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan Aloe Vera:

  • Potong daun dari tanaman lidah buaya.
  • Ekstrak gel dan oleskan pada jerawat dan daerah yang meradang.
  • Biarkan selama 20 menit sebelum membersihkannya dengan bola kapas yang dibasahi air.
  • Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari sampai Anda mendapatkan hasil positif.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami dan Cepat

7. Neem (Indian Lilac)

Neem, juga dikenal sebagai lilac India, memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan pemurni darah yang menjadikannya salah satu solusi terbaik untuk jerawat di bagian tubuh mana pun, termasuk telinga Anda. Neem membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat mencegahnya kembali.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian India dalam Homeopati melaporkan bahwa neem memiliki peran dalam fase awal dan pemulihan jerawat ketika perubahan inflamasi minimal. Namun, studi lebih lanjut tentang ukuran sampel yang lebih besar diperlukan.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan Neem:

  • Giling beberapa daun nimba secara menyeluruh untuk membentuk pasta.
  • Campurkan sejumput bubuk kunyit ke dalam pasta.
  • Oleskan pada jerawat.
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini sekali sehari.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengoleskan minyak Mimba pada jerawat dua kali sehari untuk membantunya sembuh dengan cepat. Pastikan untuk mengencerkan minyak Mimba dalam 2 sendok teh minyak pembawa, seperti minyak kelapa, sebelum dioleskan.

8. Cuka Sari Apel

Meskipun kurangnya dukungan ilmiah yang memadai, cuka sari apel telah muncul sebagai obat anekdotal yang dipercaya waktu untuk jerawat.

Namun, ada satu penelitian yang memberikan kepercayaan terhadap aktivitas antimikroba cuka sari apel terhadap Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Candida albicans.

Dengan demikian, cuka sari apel berfungsi sebagai zat astringen dan antibakteri alami yang membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan bakteri penyebab infeksi, membantu mempercepat proses pemulihan.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan cuka sari apel:

  • Campurkan 1 bagian cuka sari apel mentah tanpa filter dan 3 bagian air.
  • Celupkan bola kapas ke dalam larutan.
  • Oleskan langsung pada jerawat.
  • Biarkan selama 10 menit, dan kemudian bersihkan area tersebut secara menyeluruh menggunakan beberapa bola kapas yang dicelupkan ke dalam air.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari untuk hasil cepat.

9. Aspirin

Aspirin, yang menghilangkan sakit kepala, juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Asam salisilat dalam aspirin membantu mengobati jerawat dengan menghilangkan minyak dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan Aspirin:

  • Hancurkan 2 atau 3 tablet aspirin dan campur dengan sedikit jus lemon atau air putih saja untuk membentuk pasta.
  • Terapkan ke area yang terkena dampak.
  • Biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci hingga bersih.
  • Ulangi sekali sehari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dalam Waktu 3 Hari

10. Pasta Gigi Putih

Pasta gigi biasa Anda juga dapat digunakan untuk merawat jerawat dengan cepat. Ini paling efektif ketika digunakan mengikuti obat kompres es. Namun, hanya gunakan pasta gigi putih dan hindari menggunakan pasta gigi gel atau rasa.

Cara menghilangkan jerawat di telinga secara alami dengan pasta gigi putih:

  • Oleskan pasta gigi putih pada jerawat sebelum tidur.
  • Pagi berikutnya, bersihkan menggunakan lap basah atau bola kapas yang dibasahi air.
  • Jika mau, Anda dapat mengulangi proses di siang hari juga.

Tips tambahan

  • Jangan memencet jerawat karena dapat menyebabkan pemindahan cairan yang terinfeksi ke area kulit lain, memperburuk masalah.
  • Jangan menggaruk atau mengikis jerawat dengan kuku Anda, karena dapat menyebabkan jaringan parut.

Itulah 10 Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga Secara Alami yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Dengan dilakukan secara benar maka akan membuahkan hasil sebagaimana yang diinginkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.