Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

Cara menghilangkan mata bengkak – Bangun tidur dengan mata bengkak bisa membuat diri kita frustrasi, karenanya akan membuat aktifitas kita terhambat. Mata bengkak adalah salah satu masalah kecantikan yang paling umum terjadi.

Mata bengkak terjadi karena berbagai alasan, termasuk menangis berlebihan, stres fisik berlebihan, genetika, dermatitis, perubahan hormon dalam tubuh, perubahan cuaca, masalah sinus, hangover, diet buruk, kurang tidur dan beberapa reaksi alergi.

Mata bengkak bisa membuat Anda terlihat lelah dan sakit. Tetapi Anda dapat dengan mudah menghilangkan mata bengkak dengan beberapa pengobatan rumah yang sederhana dan alami.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

Sebagaimana yang dilansir dari situs top10homeremedies.com. Ada 10 cara menghilangkan mata bengkak secara alami dan cepat, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Air

Cara termudah untuk menghilangkan mata bengkak adalah minum air putih. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, ada sedikit kesempatan retensi air yang dapat menyebabkan area bawah mata Anda dan bagian lain dari tubuh Anda membengkak. Air juga membantu membuang racun keluar dari tubuh.

Agar terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Selain ini, Anda harus mengurangi jumlah garam yang Anda makan untuk mengurangi retensi air dalam tubuh. Hindari juga meminum minuman berkafein dan berkarbonasi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Sendok Dingin

Cara sederhana ini ternyata sangat efektif juga dalam menghilangkan mata bengkak. Ini akan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata Anda serta mengendurkan pembuluh darah, sehingga menawarkan bantuan untuk mata bengkak dan lelah.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan sendok dingin:

  • Dinginkan 5 atau 6 sendok logam di kulkas Anda selama 10 hingga 15 menit.
  • Pegang bagian bulat dari salah satu sendok dingin ke mata Anda selama beberapa menit hingga sendok menjadi hangat.
  • Saat sendok hangat, ganti dengan yang dingin dari kulkas.

Baca juga: Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

3. Kantong Teh

Baik itu teh hijau atau kantong teh hitam, keduanya dapat membantu menenangkan mata yang bengkak dan teriritasi. Mereka mengandung sifat anti-iritasi yang membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata Anda. Mereka juga dapat meredakan kemerahan dan peradangan. Kantong Teh Hijau untuk Menenangkan Mata Bengkak dan Teriritasi

Cara menghilangkan mata bengkak dengan kantong teh:

  • Masukkan 2 kantong teh bekas ke dalam kulkas selama 30 menit.
  • Berbaringlah dan taruh kantong teh di atas kelopak mata Anda.
  • Biarkan mereka di tempat selama 10 hingga 15 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari.

4. Mentimun

Mentimun dingin membuat obat yang baik untuk mengobati mata bengkak. Enzim dan sifat astringen dalam ketimun membantu mengurangi peradangan dan membantu mengencangkan kulit . Obat ini juga akan membantu menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam di sekitar mata Anda.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan mentimun:

  • Potong mentimun menjadi irisan tebal.
  • Dinginkan irisan di dalam kulkas selama 10 menit.
  • Letakkan irisan dingin di kelopak mata Anda selama sekitar 10 menit atau sampai menjadi hangat.
  • Ulangi proses tersebut beberapa kali sehari.

5. Putih Telur

Putih telur memiliki sifat pengencang kulit yang dapat membantu menghalau kantung di bawah mata serta membantu mencegah kerutan.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan putih telur:

  • Pisahkan kuning telur dari 2 butir telur dan masukkan putih ke dalam mangkuk.
  • Kocok putih telur sampai Anda mendapatkan konsistensi kaku.
  • Tambahkan beberapa tetes witch hazel, astringen pengencang kulit alami.
  • Gunakan sikat atau kain lembut untuk menerapkan campuran ini di bawah mata Anda dan biarkan hingga kering.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Lakukan ini setiap hari selama beberapa hari.

6. Kentang

Sama seperti mentimun, kentang juga efektif dalam menyingkirkan mata bengkak. Pati hadir dalam kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kantong di bawah mata. Obat ini juga membantu memudarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan kentang:

  • Kupas, cuci dan keringkan kentang ukuran sedang.
  • Parut kentang dan taruh serutan dengan kain bersih dan ikat.
  • Letakkan kain ini di atas kelopak mata Anda selama beberapa menit.
  • Ulangi proses ini beberapa kali hingga bengkaknya mereda.

Baca juga: Cara Mengatasi Mata Gatal Secara Alami di Rumah

7. Air Dingin

Jika Anda memiliki malam tanpa tidur dan dibiarkan dengan mata bengkak, air dingin adalah apa yang Anda butuhkan untuk mengobatinya. Rasa dingin akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan air dingin:

  • Bilas wajah Anda dengan beberapa cipratan air dingin.
  • Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari sesuai kebutuhan.
  • Anda juga bisa menggunakan kantong kecil berisi es, membungkusnya dengan kain lap dan meletakkannya di mata Anda. Ulangi seperlunya sampai bengkaknya hilang.

8. Air Asin

Air panas dan garam juga berfungsi sebagai obat sederhana untuk membantu mengurangi bengkak dan bengkak di bawah mata Anda. Air garam membantu menyingkirkan retensi cairan dengan cara yang mirip dengan osmosis.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan air asin:

  • Campur ½ sendok teh garam dalam mangkuk berisi satu liter (4 gelas) air. Pastikan airnya tidak terlalu panas.
  • Rendam bola kapas atau bantalan mata wol di air garam hangat ini dan letakkan di atas kelopak mata Anda selama beberapa menit. Ulangi proses ini selama 15 hingga 20 menit.

9. Stroberi

Asam alfa hidroksi yang hadir dalam stroberi dapat membantu membuat kulit terlihat halus dan muda. Ini juga membantu mengurangi bengkak di bawah mata dan bengkak.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan stroberi:

  • Dinginkan stroberi di kulkas selama 30 menit.
  • Lepaskan bagian atas dan iris menjadi potongan-potongan tebal.
  • Berbaringlah dan letakkan irisan di bawah mata Anda selama beberapa menit.

10. Aloe Vera

Antioksidan dan vitamin E hadir dalam lidah buaya efektif dalam mengurangi bengkak di sekitar mata dan juga menjaga keriput dan garis-garis halus di teluk.

Cara menghilangkan mata bengkak dengan lidah buaya cukup mudah, anda cukup menerapkannya pada daerah mata anda yang bengkak.

Menerapkan gel lidah buaya pada daerah di bawah mata Anda juga akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengeluarkan cairan di sekitar mata, sehingga mengurangi pembengkakan.

Saat menggunakan gel, Anda harus sangat berhati-hati agar tidak masuk ke mata Anda. Jika Anda tidak memiliki gel lidah buaya murni, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung gel atau ekstrak aloe vera.

Itulah beberapa tips cara menghilangkan mata bengkak setelah bangun tidur yang dapat saya bagikan kali ini. Dan jika anda nantinya mengalami mata bengkak, Anda dapat dengan mudah menghilangkannya dengan mempraktekkan salah satu pengobatan alami di rumah seperti ulasan di atas. Namun, jika Anda mengalami bengkak di bawah mata tanpa alasan yang jelas dan disertai dengan rasa sakit, ketidaknyamanan dan penglihatan buram, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Sumber: https://www.top10homeremedies.com/how-to/how-to-get-rid-of-puffy-eyes.html

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.