Cara Mengobati Radang Dingin (Frostbite) Secara Alami

Diposting pada

Cara mengobati radang dingin (frostbite) secara alami adalah artikel yang akan kami ulas hari ini. Bagi anda yang menderita Radang Dingin atau Frostbite dan ingin tahu bagaimana cara menyembuhkan Radang Dingin? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini.

Sama seperti air berubah menjadi es ketika suhu turun, kulit yang terpapar juga dapat membeku dan segera Anda mungkin menderita radang dingin.

Frostbite terjadi ketika kulit dan jaringan di bawahnya membeku. Dalam kasus ekstrem, otot, saraf, dan pembuluh darah juga bisa membeku. Frostbite biasanya terjadi pada jari kaki, hidung, pipi, telinga dan dagu.

Sementara penyebab paling umum radang dingin adalah paparan kondisi cuaca dingin , itu juga dapat terjadi setelah kontak langsung dengan es, logam beku atau cairan yang sangat dingin .

Risiko mengembangkan radang dingin meningkat ketika suhu udara turun di bawah 5 ° F (minus 15 ° C), bahkan dengan kecepatan angin rendah. Dengan angin dingin minus 16,6 ° F (minus 27 ° C), radang dingin dapat terjadi dalam waktu kurang dari 30 menit.

Orang yang menderita kondisi medis yang memengaruhi kemampuan mereka untuk merasakan atau merespons terhadap dingin, seperti dehidrasi, kelelahan, diabetes, dan aliran darah yang buruk pada anggota badan, berisiko lebih tinggi.

Risikonya juga lebih besar bagi orang-orang yang banyak minum atau merokok, memiliki riwayat radang dingin atau cedera dingin sebelumnya, dan yang berada di suatu daerah di ketinggian, yang mengurangi suplai oksigen ke kulit.

Baca juga: Cara Mengobati Lipoma Secara Alami

Cara Mengobati Radang Dingin (Frostbite)

Cara Mengobati Radang Dingin
Cara Mengobati Radang Dingin

Tanda-tanda dan gejala radang dingin tergantung pada luas dan kedalaman cedera jaringan. Dalam kasus radang dingin superfisial, Anda mungkin mengalami gejala seperti rasa sakit, terbakar, kesemutan, mati rasa, kulit pucat, lepuh kulit berwarna jernih dan kulit yang terasa tegas dengan jaringan lembut di bawahnya yang dapat bergerak melewati punggung yang kurus.

Ketika tingkat cedera berlanjut hingga melibatkan struktur jaringan yang lebih dalam, tanda-tanda dan gejala mungkin termasuk hilangnya sensasi total, pembentukan lepuh kulit yang dipenuhi darah, dan kulit serta jaringan di bawahnya yang terasa keras dan padat.

Sama sekali tidak harus Anda mengambil radang dingin ringan. Komplikasi dapat mencakup peningkatan kepekaan terhadap rasa dingin, mati rasa jangka panjang di daerah yang terkena, radang sendi radang sendi, cacat pertumbuhan pada anak-anak (jika radang dingin merusak lempeng pertumbuhan tulang), infeksi, tetanus dan gangren.

Frostbite membutuhkan perhatian yang cermat untuk meminimalkan kerusakan dan mengurangi kemungkinan mengembangkan hipotermia. Hipotermia terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat menghasilkan panas yang cukup untuk melindungi diri dari hawa dingin. Jika hipotermia terjadi, obati itu sebelum radang dingin.

Walaupun radang dingin menyakitkan, Anda dapat mengobati masalah di rumah dengan beberapa pengobatan rumahan yang sederhana dan efektif serta perubahan gaya hidup.

Baca juga: Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami

Cara Mengobati Radang Dingin (Frostbite) Secara Alami

Berikut adalah 10 cara terbaik untuk mengobati radang dingin yang berhasil kami himpun.

1. Dapatkan Tempat yang Hangat

Pengobatan pertama untuk radang dingin adalah keluar dari kedinginan sesegera mungkin dan berlindung di tempat yang hangat.

Semakin cepat Anda melakukan ini, semakin besar kemungkinan Anda memiliki pemulihan penuh dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Untuk melindungi area seperti kaki Anda dari hawa dingin lebih lanjut , lepaskan sepatu dan kaus kaki Anda dan letakkan selimut hangat di kaki Anda.

Jika Anda berada di luar, Anda dapat menghangatkan tangan yang membeku dengan memasukkannya ke ketiak. Selanjutnya, lindungi wajah, hidung, dan telinga Anda dengan menutupinya dengan tangan yang kering dan bersarung tangan.

Untuk mencegah insiden radang dingin di masa depan, batasi waktu di luar rumah dalam cuaca yang sangat dingin, terutama jika cuaca berangin atau basah.

Selalu perhatikan ramalan cuaca dan bacaan angin dingin sebelum bepergian. Dalam cuaca yang sangat dingin dan berangin, kulit yang terpapar dapat mengembangkan radang dingin dalam hitungan menit.

2. Gunakan Air Hangat

Untuk mengobati radang dingin, hilangkan sumber dingin dan perlahan-lahan menghangatkan kulit yang terkena dengan merendamnya dalam air hangat untuk membawanya kembali ke suhu normal.

Rendam air hangat akan membantu meningkatkan suplai darah ke area mati rasa. Apalagi, itu akan mengendurkan otot dan saraf di daerah tersebut.

Sebuah studi tahun 2010 melaporkan bahwa perawatan langsung terbaik untuk tangan dan kaki adalah menempatkannya dalam air hangat pada suhu 40 ° hingga 41 ° C (104 ° hingga 107 ° F) selama setidaknya 30 menit.

Cara mengobati radang dingin (frostbite) secara alami dengan air hangat:

  • Isi bak mandi kecil dengan air hangat. Suhu tidak boleh melebihi 104 ° hingga 107 ° derajat F.
  • Rendam area yang terkena dalam air hangat selama 20 menit.
  • Ulangi proses perendaman jika perlu, ambil jeda 20 menit di antara setiap rendam.

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak panas, karena itu hanya akan memperburuk kondisinya. Selain itu, hindari menggosok atau menyeka area dan perhatikan pembentukan lepuh atau kulit.

3. Tinggikan Bagian Tubuh yang Terkena Dampak

Untuk mengurangi mati rasa di tangan dan kaki Anda karena radang dingin, peninggian juga akan membantu. Ketinggian membantu meningkatkan sirkulasi darah. Setelah aliran darah ke daerah yang terkena kembali normal, mati rasa akan hilang.

Anda dapat meletakkan tangan dan kaki yang membeku pada beberapa bantal agar tetap tinggi. Jika hidung atau telinga Anda terpengaruh, duduklah di kursi bersandaran tinggi dan tekuk leher Anda ke belakang.

Anda juga dapat membungkus diri dengan selimut hangat dan minum segelas cokelat panas atau secangkir teh herbal hangat untuk membantu tubuh Anda beradaptasi dengan suhu hangat.

Baca juga: Cara Mengobati Bibir Bengkak dengan Cepat

4. Lidah Buaya

Untuk radang dingin superfisial yang telah dihangatkan kembali, Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk membantu kulit sembuh.

Ini memiliki sifat anti-inflamasi serta penyembuhan yang membantu menenangkan peradangan, mengurangi rasa sakit dan menghilangkan ketidaknyamanan lainnya. Lidah buaya juga membantu mencegah kerusakan kulit lebih lanjut dan meningkatkan penyembuhan jaringan.

Sebuah studi tahun 1995 melaporkan bahwa krim pentoxifylline dan aloe vera efektif dalam meningkatkan kelangsungan hidup jaringan setelah cedera radang dingin.

  • Potong daun lidah buaya untuk mengekstrak gelnya. Oleskan gel ini pada bagian yang sakit.
  • Biarkan mengering sendiri, lalu bersihkan dengan tisu basah.
  • Gunakan perawatan ini 1 atau 2 kali sehari sampai Anda melihat peningkatan.
  • Anda juga bisa mengoleskan krim lidah buaya pada area yang sakit, beberapa kali sehari.

5. Jangan Merokok

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam International Journal of Circumpolar Health melaporkan bahwa perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena radang dingin.

Merokok mengurangi sirkulasi perifer, dan meningkatkan daya tahan Anda terhadap efek buruk dari suhu yang sangat dingin. Jadi, lebih baik berhenti merokok.

Meskipun keinginan untuk merokok bisa lebih tinggi setelah menderita radang dingin, Anda harus menghindarinya dengan cara apa pun. Nikotin dalam rokok dapat mengurangi sirkulasi dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Agar Anda tidak merokok, Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula.

Cara Mengobati Radang Dingin Secara Alami

6. Mandi Pusaran Air

Pusaran air adalah pemandian terapi di mana seluruh atau sebagian tubuh terpapar dengan arus air panas yang berputar. Berendam dalam bak pusaran air dapat membantu penyembuhan area yang membeku dengan menjaga kulit tetap bersih dan secara alami menghilangkan jaringan yang mati, belum lagi manfaat dari kombinasi panas dan pijatan.

Apakah akut atau kronis, terapi pusaran air juga bagus untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan, sementara pada saat yang sama meningkatkan rentang gerakan dari bagian tubuh yang terkena. Pusaran air juga bermanfaat dalam meningkatkan pembengkakan dan peradangan. Ini juga membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah. Nikmati bathtub pusaran air selama 10 hingga 15 menit sekaligus.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Rematik Secara Alami pada Kaki

7. Susu Kunyit Hangat

Kunyit mengandung senyawa yang dikenal sebagai curcumin, yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda. Selain itu, sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di daerah yang terkena. Plus, minum susu hangat akan membantu mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh Anda tetap hangat dari dalam.

Cara mengobati radang dingin (frostbite) secara alami dengan Kunyit Hangat:

  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam secangkir susu.
  • Panaskan dalam wajan dengan api kecil.
  • Manis dengan sedikit madu.
  • Minumlah dua kali sehari.

Jika sirkulasi Anda buruk, Anda bisa mengonsumsi suplemen kunyit setiap hari. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen apa pun.

8. Teh Jahe

Teh jahe sangat penting dalam mengobati radang dingin. Jahe dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini mengandung senyawa seperti gingerol dan zingerone yang memiliki efek pemanasan pada tubuh, menghasilkan sirkulasi darah yang baik. Minum teh jahe 2 atau 3 kali sehari.

Cara mengobati radang dingin (frostbite) secara alami dengan Teh Jahe:

  • Tambahkan 1 sendok makan jahe yang diiris tipis ke 2 gelas air.
  • Rebus dan biarkan mendidih selama 5 hingga 10 menit.
  • Saring, tambahkan madu dan minumlah.

9. Cabe rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin yang membantu merangsang aliran darah yang tepat ke seluruh tubuh dan organ. Aliran darah yang tepat ke daerah yang terkena merupakan langkah penting dalam pengobatan radang dingin.

Plus, cabai rawit membantu mengurangi gejala radang dingin seperti rasa sakit, peradangan, mati rasa dan kesemutan di daerah yang terkena.

  • Campurkan ½ sendok teh bubuk cabai rawit, 2 sendok makan cuka sari apel organik dan 1 sendok makan molase blackstrap dalam 1 gelas air.
  • Minum ramuan ini dua kali sehari.
  • Juga, masukkan cabai rawit dalam masakan Anda, atau minum suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Lepuh Deman dengan Cepat

10. Berpakaian dengan bijaksana

Mengenakan pakaian yang tepat saat keluar di cuaca dingin dan berangin dapat membantu banyak dalam mencegah radang dingin.

  • Pilih sarung tangan daripada sarung tangan untuk melindungi tangan dan jari Anda dari radang dingin.
  • Kenakan banyak lapisan tipis pakaian, bukan satu atau dua yang tebal, sehingga jika lapisan atas pakaian menjadi basah, Anda bisa melepasnya dan tetap kering.
  • Usahakan agar pakaian Anda tetap kering, terutama kaus kaki dan sarung tangan atau sarung tangan Anda. Anda harus membawa kaus kaki, sarung tangan, dan sarung tangan cadangan.
  • Kenakan topi dan / atau topeng ski untuk melindungi telinga dan hidung Anda dari paparan langsung dingin.
  • Bahan wol tebal atau tahan angin membuat headwear terbaik untuk perlindungan dingin.
  • Kenakan pakaian luar yang tahan angin dan tahan air untuk melindungi dari angin, salju, dan hujan.
  • Pilih pakaian dalam yang melembabkan kulit Anda.
  • Anda bahkan dapat mencoba penghangat tangan dan kaki. Pastikan penghangat kaki tidak membuat sepatu bot Anda terlalu kencang, sehingga membatasi aliran darah.

Tips Tambahan Cara Mengobati Radang Dingin

  • Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda mencurigai hipotermia.
  • Jangan menggosok daerah yang terkena dan jangan menggosok salju pada kulit yang beku. Itu hanya akan semakin merusak kulit.
  • Pastikan untuk membungkus anak-anak dengan lapisan ekstra dan bawa mereka ke dalam setiap jam untuk pemanasan. Anak-anak lebih rentan terhadap radang dingin, karena mereka kehilangan panas lebih cepat daripada orang dewasa.
  • Segera cari perlindungan jika menghadapi badai serius.
  • Jangan menghangatkan kembali kulit yang membeku dengan panas langsung, seperti kompor, lampu panas, perapian atau bantal pemanas. Ini dapat menyebabkan luka bakar.
  • Pilih sarung tangan atau sarung tangan pelindung dan jangan melepasnya untuk menggunakan telepon Anda.
  • Saat keluar di salju, kenakan sepatu bot hangat dan kedap air yang menutupi pergelangan kaki Anda.
  • Lepaskan pakaian basah, baik dari salju atau berkeringat, sesegera mungkin karena membuat Anda lebih mungkin terkena radang dingin.
  • Tahan keinginan untuk menempatkan tangan atau kaki dingin dalam bak air panas. Jika semuanya mati rasa, Anda mungkin tidak dapat merasakan jika airnya terlalu panas.
  • Aspirin atau obat pengencer darah lainnya dapat membantu memulihkan aliran darah di bagian tubuh dengan radang dingin yang parah, jika Anda meminumnya dalam waktu 24 jam setelah pemanasan kembali daerah tersebut. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jangan minum alkohol jika Anda berencana untuk berada di luar ruangan dalam cuaca dingin. Minuman beralkohol menyebabkan tubuh Anda kehilangan panas lebih cepat.
  • Makan makanan yang seimbang dan tetap terhidrasi.

Itulah 10 Cara Mengobati Radang Dingin (frostbite) Secara Alami yang bisa anda coba di rumah dan pastinya menggunakan bahan-bahan alami tanpa efek samping di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.