Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami

Diposting pada

Cara Mengobati Telinga Gatal dan berair Secara Alami adalah informasi kesehatan yang akan saya bagikan kali ini untuk anda. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan telinga gatal dan berair, telinga gatal sampai tenggorokan atau kuping sering gatal padahal tapi tidak kotor, simak cara mengatasi telinga gatal secara almi di bawah ini.

Memiliki rasa gatal yang tak ada henti-hentinya di telinga padahal tidak ada goresan maupun kotoran. Tentunya akan membuat Anda tidak berkonsentrasi pada hal lain, membuat anda kurang senang hingga ingin merobek telinga Anda.

Kedengarannya agak ekstrem untuk gatal kecil yang tidak berbahaya di telinga, tetapi mereka yang menderita itu akan memastikan bahwa itu sama sekali kecil atau tidak berbahaya.

Telinga bagian dalam manusia sangat sensitif, dan karenanya perubahan mendadak pun dapat menyebabkan timbulnya telinga yang gatal. Saluran telinga dipersarafi dengan serabut saraf yang sensitif, yang membuat telinga sama responsif dan cenderung gatal seperti bagian tubuh manusia lainnya. Fakta bahwa kita tidak dapat melihat rongga telinga kita bertindak sebagai iritasi tambahan dan dapat mendorong kita untuk memeriksa telinga secara sembrono dan terlalu invasif untuk kebaikan kita sendiri.

Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami
Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami

Meskipun merupakan gangguan yang umum dialami, kebanyakan orang yang menderita gangguan ini menemukan diri mereka sendiri pada akhirnya ketika berurusan dengan masalah yang menyusahkan ini. Lebih sering daripada tidak, mereka akhirnya memperparah masalah dengan menggunakan benda-benda yang tidak steril dan tajam seperti jepit rambut, tusuk gigi, dan gantungan baju untuk menghilangkan rasa gatal mereka.

Penyisipan kuat alat abrasif tersebut ke area sensitif seperti saluran telinga dapat membuat Anda tergores dan kulit menjadi pecah. Pada gilirannya akan memberikan ruang masuk bebas bagi bakteri serta partikel asing lainnya untuk masuk lebih dalam ke kulit, membuka jalan bagi infeksi yang jauh lebih serius.

Baca juga: Pangkreatitis: Penyebab, Gejala dan Pertolongan Alami

Penyebab Telinga Gatal

Beberapa penyebab paling umum adalah:

  • Reaksi alergi
  • Infeksi telinga
  • Telinga kering karena tidak cukup atau tidak ada sekresi kotoran telinga
  • Pembersihan telinga yang kompulsif dan intrusif yang membuat rongga lilin alami dan penumpukan kulit kering di dalam telinga berikutnya
  • Akumulasi kotoran telinga, karena lilin cenderung terdorong dan menumpuk lebih jauh ke dalam rongga oleh pemeriksaan konstan dengan alat pembersih
  • Air terperangkap di dalam telinga
  • Iritasi yang disebabkan alat bantu dengar atau headphone
  • Dermatitis saluran telinga
  • Gigitan serangga

Kadang-kadang, bahkan psoriasis, eksim, atau jerawat di telinga bagian dalam dapat memicu rasa gatal.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam BMC Ear, Nose and Throat Disorders melaporkan bahwa gangguan sendi temporomandibular (TMD) memiliki banyak gejala dan salah satunya adalah telinga gatal.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Otolaryngology Online melaporkan bahwa tidak perlu ada infeksi bakteri atau jamur yang mendasari untuk menyebabkan rasa gatal yang dibuktikan dengan kondisi yang disebut asteatosis. Studi ini menekankan fakta bahwa penting untuk mempertimbangkan asteatosis sebagai salah satu diagnosis diferensial untuk gatal kronis dan persisten ketika semua penyebab lain telah dikesampingkan.

Gejala Telinga Gatal

Selain jelas (gatal), telinga yang gatal juga dapat memiliki gejala seperti:

  • Kemerahan di luar
  • Debit atau jenis drainase yang berasal dari telinga Anda
  • Rasa sakit dan daerah yang terkena mungkin terasa sangat lembut saat disentuh.
  • Demam
  • Pembengkakan

Pencegahan

Telinga sebagian besar diyakini mampu membersihkan diri sendiri, jadi Anda harus menahan diri untuk tidak membersihkan telinga apapun alasannya. Semua benda berikut yang biasanya digunakan untuk menjaga kebersihan telinga dapat terbukti merusak integritas gendang telinga Anda:

  • Bola kapas
  • Penyeka kapas
  • Klip kertas
  • Jepitan kecil

Cara pencegahan lain untuk mencegah iritasi telinga dan gatal-gatal termasuk yang berikut:

  • Berhati-hatilah saat memilih perhiasan telinga, dan hindari perhiasan yang terbuat dari logam yang mungkin menimbulkan reaksi alergi yang mengarah pada rasa gatal.
  • Jika Anda seorang perenang yang sering, gunakan solusi untuk membersihkan telinga dari air berlebih .
  • Kelola produksi berlebih dari kotoran telinga dengan menggunakan pendekatan yang disetujui dokter, seperti tetes telinga atau tabung suntik.
  • Untuk menyelamatkan rongga telinga dari kelembaban yang berlebihan, kenakan topi mandi saat mandi.
  • Gunakan sampo ringan dan gel mandi yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.
  • Jika Anda menggunakan alat bantu dengar atau menggunakan penyumbat telinga secara teratur, pastikan untuk mensterilkannya dari waktu ke waktu dan memasukkannya dengan lembut agar tidak mengiritasi telinga.
  • Selalu jaga kebersihan ponsel dan earphone Anda, karena dapat berkontribusi pada infeksi telinga.
    Hindari menyentuh telinga Anda dengan jari-jari kotor.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter

Telinga yang gatal yang tidak berakar pada infeksi atau penyakit yang mendasarinya jarang menjadi perhatian dan cenderung hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun jika Anda mengalami masalah seperti pendarahan hebat atau drainase dari telinga Anda atau tiba-tiba kehilangan pendengaran, maka segera kunjungi dokter.

Begitu juga jika gatal gagal mereda dalam waktu seminggu meskipun perawatan di rumah yang tepat, bantuan medis akan diperlukan untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya dan mengatasi gejalanya. Memahami penyebab di balik telinga yang gatal adalah salah satu kunci keberhasilan rencana perawatan.

Gatal ringan terkait dengan telinga kering, berair, terlalu banyak kotoran telinga, atau infeksi ringan dapat berhasil diatasi di rumah dengan bantuan beberapa pengobatan sederhana dan efektif.

Baja juga: Cara Alami Mengatasi Mual Muntah Pada Anak

Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami

Berikut 10 tips menghilangkan telinga gatal secara alami yang mudah dipraktekkan sendiri di rumah:

1. Gravitasi

Jika Anda merasa seperti air masuk ke telinga Anda saat berenang atau saat mandi atau berenang dan ini adalah alasan di balik rasa gatal di telinga Anda, biarkan gravitasi mengambil arahnya dan lihatlah keajaibannya.

Gravitasi akan membantu menghilangkan semua penumpukan cairan di telinga yang terkena.

  • Miringkan sisi kepala Anda dengan telinga yang terpengaruh sejajar dengan tanah.
  • Letakkan jari yang bersih di telinga Anda.
  • Sekarang, cobalah untuk membuat ruang hampa untuk membantu mengeluarkan cairan.
  • Gunakan cotton bud atau handuk untuk membersihkan kotoran.

Anda juga bisa berbaring dengan handuk di bawah telinga. Obat ini juga dapat membantu mengatasi kasus telinga perenang.

2. Air hangat

Membilas telinga dengan air hangat adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga yang berlebihan yang dapat menyebabkan rasa gatal di telinga. Kekuatan lembut dari air akan mengeluarkan lilin, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari telinga. Pastikan hanya menggunakan air suling.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Laryngology & Otology menegaskan bahwa hanya air suling yang harus digunakan untuk melunakkan kotoran telinga. Studi ini menemukan air suling secara komparatif jauh lebih efektif daripada air yang dicampur dengan natrium bikarbonat atau larutan berbasis minyak untuk tujuan menghilangkan kotoran telinga.

Adapun cara mengobati telinga gatal dengan air hangat adalah sebagai berikut:

  • Isi spuit karet dengan air suling yang sedikit hangat.
  • Miringkan kepala Anda tegak dan tarik telinga luar untuk meluruskan saluran telinga.
  • Gunakan jarum suntik untuk memasukkan sedikit air ke saluran telinga.
  • Biarkan sebentar, lalu tiriskan dengan memiringkan kepala ke sisi yang berlawanan.
  • Bersihkan air dan kotoran telinga dengan kain bersih.
  • Ulangi proses ini di telinga yang lain.

3. Cara Mengobati Telinga Gatal dengan Manuver Valsava

Untuk menghilangkan air yang tersumbat dari telinga tengah, teknik pemerataan tekanan sederhana yang dikenal sebagai manuver Valsalva bisa sangat membantu. Ini membantu meringankan rasa tersumbat dan sakit di telinga dan mengurangi rasa gatal.

Ini selanjutnya dikuatkan oleh studi 2011 yang menemukan manuver Valsava sama efektifnya dengan manuver Toynbee dan Ear Popper dalam menyamakan tekanan telinga tengah.

  • Tutup mulut Anda dan cubit lubang hidung Anda dengan jari Anda, lalu tarik napas panjang.
  • Tiup udara dari hidung Anda untuk mengatur tekanan udara. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan mendengar bunyi letupan kecil, yang menandakan pembukaan kembali tabung Eustachius.

Catatan: Jangan meniup telinga Anda terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Juga, jika Anda memiliki kondisi jantung, terutama irama jantung abnormal, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba obat rumahan ini.

4. Minyak Zaitun

Salah satu pengobatan alami yang paling terkenal untuk meredakan gatal di telinga adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun membantu menghilangkan kotoran telinga berlebih dan membuat saluran telinga Anda terlumasi dengan baik. Ini dapat melunakkan kotoran telinga yang kaku, sehingga memudahkan pengeluarannya dari telinga. Juga, sifat antiseptiknya mengurangi risiko infeksi telinga.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Praktik Keperawatan melaporkan bahwa pelumasan minyak zaitun secara teratur meningkatkan isi saluran telinga. Namun, minyak zaitun disemprotkan ke telinga segera sebelum mengeluarkan lilin memungkinkan penghapusan lilin total.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memberikan bukti yang lebih baik untuk perawatan telinga.

Studi 2003 lainnya yang diterbitkan dalam Pediatrics menemukan bahwa tetes telinga herbal yang mengandung minyak zaitun membantu mengurangi rasa sakit akibat infeksi telinga pada anak-anak.

Berikut cara mengobati telinga gatal dengan Minyak Zaitun:

  • Berbaringlah miring dengan telinga yang sakit menghadap ke atas.
  • Tarik perlahan bagian luar telinga Anda.
  • Masukkan dua atau tiga tetes minyak zaitun suam-suam kuku ke lubang telinga Anda menggunakan pipet.
  • Pijat dengan lembut kulit di bagian depan telinga untuk membantu minyak bekerja.
  • Tetap di sisi Anda selama 5 hingga 10 menit.
  • Bersihkan minyak tambahan yang menetes dari telinga Anda saat Anda duduk.
  • Ulangi di telinga yang lain jika perlu.

5. Cara Mengobati Telinga Gatal dengan Hidrogen Peroksida

Untuk mengatasi rasa gatal di telinga akibat penumpukan lilin, hidrogen peroksida sangat efektif. Bahkan, banyak tetes telinga komersial mengandung hidrogen peroksida sebagai salah satu bahan utama.

Hidrogen peroksida membantu melarutkan konsistensi lilin dan menyebabkannya menggelembung dan keluar dari telinga.

  • Campur bagian hidrogen peroksida yang sama (3%) dan air.
  • Isi penyumbat telinga dengan solusi ini.
  • Miringkan kepala Anda ke samping dan masukkan beberapa tetes larutan ini ke telinga. Pertahankan posisi ini selama beberapa waktu.
  • Kemudian, miringkan kepala Anda ke sisi yang berlawanan untuk mengeringkan solusinya.
  • Seka kotoran telinga menggunakan kain bersih.
  • Ulangi proses ini untuk telinga Anda yang lain.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Rematik Secara Alami pada Kaki

6. Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan lain yang efektif untuk menghilangkan telinga yang gatal.

Namun, ini bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan alkohol gosok. Sementara cuka membantu melarutkan kotoran telinga, alkohol gosok berfungsi sebagai agen pengeringan dan membantu menguapkan cairan residu dari telinga. Selain itu, cuka juga mencegah telinga dari infeksi apa pun.

Cara mengobati telinga gatal dan berair dengan Cuka Putih:

  • Campur bagian cuka putih yang sama dan gosok alkohol dalam mangkuk.
  • Rendam bola kapas dalam larutan.
  • Miringkan telinga yang terpengaruh ke arah langit lalu peras 2 atau 3 tetes larutan ini ke dalam telinga.
  • Tunggu selama 5 menit, dan miringkan kepala Anda ke arah yang berlawanan sehingga gravitasi dapat mengerahkan aksinya dan dorong larutan dan lilin keluar dari rongga telinga.
  • Lepaskan kotoran telinga dari telinga luar dengan earbud.

7. Kompres Hangat

Jika penyebab gatal di telinga adalah jerawat, maka kompres hangat bisa sangat berguna untuk mengeringkan jerawat. Setelah jerawat sembuh, rasa gatal akan hilang.

Panas dari kompres hangat membantu mengurangi peradangan dan iritasi, yang pada gilirannya dapat melembutkan jerawat untuk membawa nanah ke permukaan. Plus, kehangatan membantu mengurangi rasa sakit.

  • Rendam handuk dalam air hangat dan peras kelebihannya.
  • Oleskan kompres hangat di telinga selama 5 menit.
  • Gunakan pembersih lembut untuk mencuci telinga.
  • Gunakan obat ini dua kali sehari selama beberapa hari.

8. Blow Dryer

Untuk membantu menguapkan cairan yang terperangkap dan kelembapan telinga bagian dalam yang mungkin menjadi alasan di balik rasa gatal, blow dryer bisa berguna.

Udara yang hangat dan kering akan mengubah air menjadi uap dan akhirnya membantunya keluar dari telinga.

  • Tarik daun telinga Anda menjauh dari tubuh Anda.
  • Pegang pengering rambut sekitar 10 hingga 12 inci dari telinga Anda.
  • Atur panas pengering ke hangat dan aliran udara ke rendah.
  • Nyalakan pengering dan arahkan langsung ke saluran telinga.
  • Tahan posisi pengering selama sekitar 30 detik.
  • Jika perlu ulangi lagi.

Catatan: Jangan sampai telinga Anda terkena panas pengering selama lebih dari beberapa menit secara teratur.

9. Jaga Telinga Anda Tetap Kering

Baik itu keluarnya kotoran telinga atau infeksi parah yang mungkin menyebabkan rasa gatal di telinga, menjaga telinga Anda tetap kering akan banyak membantu. Setiap kelembaban di telinga dapat menyebabkan infeksi.

  • Keringkan telingamu dengan seksama setelah terkena uap air dari berenang atau mandi. Keringkan hanya telinga bagian luar, usap perlahan dan lembut dengan handuk atau kain lembut. Miringkan kepala Anda ke samping untuk membantu air mengalir dari saluran telinga Anda.
  • Untuk mencegah air masuk ke saluran telinga saat mandi, lapisi 2 bola kapas dengan petroleum jelly dan masukkan 1 di setiap telinga bagian luar.

10. Menjaga Kesehatan Telinga dengan Baik

Untuk mencegah segala jenis masalah telinga, termasuk gatal di telinga, menjaga kesehatan telinga dengan baik adalah sangat penting.

  • Jangan gunakan penyeka kapas untuk membersihkan bagian dalam saluran telinga Anda. Itu pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.
  • Bersihkan bagian luar telinga Anda secara teratur menggunakan bola kapas, air hangat, dan sabun lembut. Menjaga bagian luar tetap bersih akan membantu menjaga puing-puing dan alergen keluar dari saluran telinga Anda.
  • Selalu gunakan penutup kuping saat berenang untuk menjaga air dan kotoran keluar dari telinga Anda dan mencegah infeksi terjadi.
  • Selain itu, kenakan penyumbat telinga saat menghadiri konser keras atau acara bising lainnya.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dari Berbagai Penyakit

Tips Tambahan Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami

  • Gerakan menguap atau mengunyah juga dapat membantu mengeluarkan air dari saluran telinga dengan menciptakan tekanan di telinga tengah dan meregangkan saluran telinga.
  • Bersihkan telinga luar Anda secara teratur untuk mencegah minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya masuk ke dalam rongga dan menumpuk di dalamnya.
  • Hindari meletakkan benda asing di telinga Anda.
  • Lindungi telinga Anda dari iritasi dengan meletakkan bola kapas di telinga Anda saat menerapkan produk seperti semprotan rambut dan pewarna rambut. Pastikan untuk tidak memasukkannya terlalu dalam.
  • Gunakan pelembab untuk menambah kelembapan pada lingkungan rumah Anda jika Anda menderita telinga kering.

Demikianlah Cara Mengobati Telinga Gatal dan Berair Secara Alami yang bisa anda praktekkan di rumah. Dan tentunya cara-cara di atas ini sangat mudah untuk anda lakukan. Perlu diingat, jika rasa gatal di telingan semakin parah, maka segera hubungi dokter anda. Terima kasih dan semoga telinga kembali sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Sumber: top10homeremedies.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.