Ini dia Jadwal Penerimaan PPPK 2019 (Resmi BKN)

Diposting pada

Jadwal Penerimaan PPPK 2019 dikabarkan dimulai akhir Januari 2019 ini, lalu benarkah informasi tersebut. Dan apakah informasi tersebut bersumber dari BKN?. Nah di kesempatan ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut melalui postingan ini, karena masih banyak orang di luar sana yang masih bertanya-tanya kapan jadwal resmi pendaftaran PPPK tahun 2019? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sebagaimana kabar yang sudah beredar luas, bahwa tahun 2019 ini akan diadakan penerimaan PPPK. Pemerintah melalui Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memang berencana akan mengadakan seleksi penerimaan PPPK tahun 2019 ini. Hal ini ditandai dengan telah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Jadi informasi akan dibukanya penerimaan PPPK tahun 2019 adalah benar adanya. Lalu apa itu PPPK atau P3K? PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Kedudukan PPPK ini setara dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Penerimaan PPPK ini selain untuk memenuhi kekurangan pegawai, diharapkan juga bisa menjadi solusi untuk para tenaga honorer yang usianya sudah melewati batas untuk melamar CPNS. Sebagaimana yang kita tahu bahwa dalam penerimaan CPNS tahun 2018 lalu, banyak para tenaga honorer yang tidak bisa mendaftar karena usianya telah melampaui batas yang ditentukan.

Nah dengan diterbitkannya PP No. 49 Tentang Manajemen PPPK ini bisa menjadi solusi bagi tenaga honorer yang umurnya sudah melebihi batas. Lebih lanjut, semoga skema kebijakan PPPK ini dapat diterima di semua kalangan dan menjadi salah satu kebijakan yang dapat menyelesaikan permasalahan honorer. Lalu kapan jadwal pembukaan pendaftaran penerimaan PPPK 2019? Apa benar akan dibuka di akhir Januari 2019?

Jadwal Penerimaan PPPK 2019 Resmi dari BKN

Jadwal pendaftaran PPPK tahun 2019 resmi secara tertulis memang belum ada atau belum diumumkan. Namun beberapa waktu lalu Kemenpan-RB dan BKN telah mengadakan Konferensi Pers yang disiarkan secara langsung melalui Twitter resmi BKN. (nonton disini)

Dalam konferensi pers tersebut dijelaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) terbagi kepada dua. Yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Selain itu, penerimaan ASN tahun Anggaran 2019 dibagi dalam beberapa tahapan, yaitu:

1. Penerimaan PPPK Tahapan I

Jadwal penerimaan PPPK 2019 untuk tahapan pertama ini akan dimulai akhir Januari 2019. Namun bisa saja bergeser sesuai dengan sejauh mana kesiapannya.

Pada tahapan pertama ini, Pemerintah lebih mengutamakan untuk Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian. Ini dikarenakan masih kurangnya jumlah pegawai untuk jabatan-jabatan tersebut di berbagai instansi.

2. Penerimaan PPPK Tahapan II

Jadwal penerimaan PPPK 2019 untuk tahapan kedua akan dimulai setelah pelaksanaan pemilu 2019, yaitu di akhir bulan April hingga Mei 2019. Sekali lagi bahwa jadwal tersebut masih bersifat tentatif sesuai dengan kondisi nantinya.

Dalam penerimaan PPPK tahapan kedua ini terbuka untuk semua jabatan, dalam artian setiap jabatan yang menjadi kebutuhan instansi akan direkrut di tahapan kedua ini.

3. Penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2019

Selain akan membuka penerimaan PPPK, di tahun 2019 ini juga akan dibuka kembali penerimaan CPNS. Namun untuk jadwal pembukaan CPNS 2019 belum disampaikan kapan akan dibuka. Namun jika melihat pengalaman-pengalaman penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, pembukaan CPNS biasanya dilakukan di akhir tahun. Jadi kita tunggu saja dikeluarkannya informasi resmi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Dalam konferensi pers yang digelar tersebut juga disampaikan bahwa, penerimaan ASN tahun 2019 akan mencapai 250 ribu formasi. Jumlah tersebut akan dibagi untuk PPPK 60% dan untuk PNS 40% yang akan tersebar di berbagai instansi.

Persyaratan PPPK Tahun 2019

Setelah mengetahui jadwal penerimaan PPPK 2019, informasi selanjutnya yang perlu kita ketahui terkait penerimaan PPPK tahun 2019 adalah mengenai apa saja persyaratan untuk menjadi calon PPPK tahun 2019 ini.

Mengacu pada Pasal 16 PP Nomor 49, setiap warga negara Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk melamar PPPK dengan persyaratan sebagai berikut:

a. Kandidat berusia min. 20 tahun dan max. 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

b. Kandidiat tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;

c. Kandidat tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

d. Kandidiat tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

e. Kandidat memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

f. Kandididat memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan;

g. Kandidiat sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan yang dilamar; dan

h. Kandidiat memenuhi persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Tahapan Seleksi PPPK Tahun 2019

Merujuk pada Pasal 19 PP No. 49 Tahun 2018, disebutkan bahwa tahapan seleksi penerimaan PPPK terbagi kepada 2 (dua) tahapan, yaitu tahapan seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Seleksi administrasi dimaksudkan untuk pencocokan persyaratan administrasi serta kualifikasi dengan dokumen para pelamar. Sedangkan seleksi kompetensi dimaksudkan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis serta kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh para pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Nah setiap pelamar yang ingin menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), maka wajib untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi tersebut. Para pelamar yang lulus semua tahapan seleksi dengan nilai terbaik lah yang akan diangkat menjadi PPPK.

Sebagaimana halnya dalam penerimaan CPNS, penerimaan PPPK juga akan banyak dimintai oleh para pencari kerja. Hal ini dikarenakan PPPK tidak berbeda jauh dengan PNS. Jadi kemungkinan pelamar akan membludak sehingga persaingan pun menjadi sangat ketat.

Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan diri dari sekarang dengan mempelajari contoh soal tes PPPK 2019 dan jawabannya. Dengan terbiasa mengerjakan soal-soal PPPK, mudah-mudahan akan membantu anda saat seleksi tes kompetensi PPPK nantinya.

Contoh Soal Tes PPPK 2019 PDF (Gratis)

Jika merujuk pada Pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018, maka soal tes PPPK tidak akan jauh berbeda dengan soal SKB dalam penerimaan CPNS. Jadi sebagai persiapan, anda bisa mempelajari contoh-contoh soal SKB CPNS sesuai dengan jabatan/formasi yang anda lamar nantinya. Misalnya anda melamar sebagai PPPK Tenaga Guru, maka anda bisa mempelajari Contoh Soal SKB CPNS Guru.

Perlu diketahui juga bahwa kelulusan PPPK ini tidak berdasarkan pada nilai ambang batas (passing Grade) sebagaimana dalam seleksi SKD CPNS. Namun didasarkan pada peringkat, dimana para peserta dengan peringkat terbaik sesuai dengan jumlah kebutuhan formasi yang akan lulus dalam seleksi.

Nah jika anda ingin mendapatkan peringkat terbaik dalam seleksi Penerimaan PPPK 2019 nanti. Silahkan download contoh soal tes PPPK 2019 beserta jawabannya (gratis) melalui link yang saya sediakan di akhir tulisan ini.

Namun jika contoh soal tes PPPK 2019 yang kami bagikan secara gratis ini masih kurang lengkap, anda bisa mendownload versi yang lebih lengkap dengan cara mendaftar pada link berikut. DAFTAR.

Demikianlah informasi Jadwal Penerimaan PPPK 2019 Resmi dari BKN yang dapat saya sampaikan untuk anda. Semoga Pemerintah melalui Kemenpan ataupun BKN segera merilis pengumuman resmi penerimaan PPPK tahun 2019. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.