Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Agama 2018

Diposting pada

Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018 – Kali ini Saya akan menyampaikan sebuah berita cpns mengenai pengumuman lokasi dan jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Agama 2018. Oleh karena itu, jika anda saat ini sedang mencari informasi jadwal SKD CPNS 2018 di lingkungan Kemenag, baik itu mengenai lokasi ataupun tempat pelaksanaan tes SKD maupun jadwal tes ujian SKD Kementerian Agama tahun 2018, silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Pemerintah melalui Kemenpan Rb dan BKN telah membuka penerimaan CPNS tahun 2018 pada tanggal 26 September 2018 hingga 15 Oktober 2018 yang lalu. Ada banyak sekali instansi baik pusat ataupun daerah yang mengadakan penerimaan CPNS kali ini, salah satunya ialah Kementerian Agama. Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini juga mendapatkan jatah alokasi formasi CPNS. Hal ini dilakukan karena Kemenag memang sudah kekurangan Pegawai di lingkungannya.

Tahapan penerimaan CPNS Kementerian Agama 2018 saat ini sudah sampai pada tahap pengumuman hasil seleksi administrasi. Dan saat ini banyak para peserta yang sedang mencari informasi Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018. Maka dari itu di halaman ini saya akan membagikan informasi mengenai lokasi serta jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018. Namun sebelum itu, yuk kita review kembali beberapa informasi penting terkait penerimaan CPNS Kementeria Agama Tahun Anggaran 2018.

Formasi CPNS Kementerian Agama 2018

Sebagaimana informasi yang telah diumumkan sebelumnya, bahwa formasi CPNS Kementerian Agama 2018 sudah diumumkan pada tanggal 19 September 2018 yang lalu. Pengumuman Penerimaan CPNS Kemenag 2018 ini disampaikan melalui laman resmi BKN di alamat https://sscn.bkn.go.id.

Berapa jumlah formasi CPNS tahun 2018? Secara keseluruhan baik di instansi pusat ataupun daerah berjumlah 238.015. Pemerintah pusat berjumlah 51.271 formasi dan untuk Pemerintah Daerah berjumlah 186.744 formasi.

Formasi yang dijadikan prioritas kali ini oleh pemerintah adalah jabatan-jabatan spesialis maupun teknis, seperti guru, tenaga kesehatan serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur yang sesuai dengan program nawacita.

Penerimaan CPNS Kementerian Agama tahun 2018 ini melalui dua jalur, yakni jalur umum dan khusus. Bagi jalur khusus diperuntukkan bagi Putra/Putri lulusan terbaik (cumlaude), Olahragawan Berprestasi International, Diaspora, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Penyandang Disabilitas serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru serta tenaga kesehatan yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi cpns.

Jadwal Pendaftaran CPNS Kemenag 2018

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas bahwa Jadwal Pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2018 telah dibuka sejak tanggal 26 September 2018 hingga 15 Oktober 2018. Tidak sedikit calon peserta yang memenuhi syarat yang ikut mendaftar dalam penerimaan CPNS Kemenag tahun 2018.

Pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2018 dilakukan secara online melalui satu pintu, artinya proses pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui situs saja, yakni situs resmi BKN yang beralamat https://sscn.bkn.go.id.

Sedangkan mengenai Pengumuman Formasi, Pengumuman hasil Seleksi Administrasi serta Lokasi dan Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018, selain bisa dilihat di laman SSCN, bisa juga dilihat di situs resmi Kementerian Agama yang beralamat https://kemenag.go.id.

Jadwal Pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2018
Sumber: BKN

Persyaratan Pendaftaran Online CPNS Kementerian Agama 2018

Calon peserta seleksi CPNS Kementerian Agama 2018 harus menyiapkan beberapa dokumen pada saat melakukan registrasi secara online. Adapun dokumen yang dimaksud ialah:

  1. Kartu Tanda Penduduk;
  2. Kartu Keluarga;
  3. Pas Foto 3×4;
  4. Swafoto (foto selfi memegang KTP dan kartu informasi akun SSCN);
  5. Ijazah;
  6. Transkrip Nilai;
  7. Dokumen/berkas lain sesuai dengan permintaan Instansi pilihan pelamar.

Pada poin nomor 7 biasanya setiap instansi memiliki persyaratan dokumen tertentu lainnya yang harus dipenuhi oleh calon pelamar. Misalnya anda melamar di Kementerian Agama, maka silahkan lengkapi dokumen sesuai dengan yang diminta oleh Kemenag.

Alur Pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2018

Adapun alur pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2018 dibagi beberapa tahap, yakni:

  1. Kunjungi situs https://sscn.bkn.go.id;
  2. Membuat akun SSCN;
  3. Pelamar login ke akun SSCN;
  4. Pelamar mengunggah berkas persyaratan, pilih instansi serta mencetak kartu peserta;
  5. Verifikasi berkas/dokumen yang diunggah;
  6. Tes CAT BKN dan tes lainnya.
CPNS Kementerian Agama 2018
Sumber: BKN

Tahapan Seleksi CPNS Kementerian Agama 2018

Sebagaimana yang kita tahu bahwa tahapan seleksi cpns Kementerian Agama 2018 dibagi kepada 3 tahap, yakni:

  1. Seleksi Administrasi/Verifikasi Berkas.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)..

Dan saat ini prosesi penerimaan CPNS Kementerian Agama Tahun 2018 telah memasuki tahap pengumuman hasil seleksi Administrasi.

Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kementerian Agama 2018

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kementerian Agama tahun 2018 telah diumumkan beberapa hari yang lalu melalui Situs Resmi Kementerian Agama di alamat https://kemenag.go.id ataupun di akun SSCN masing-masing para pelamar di Lingkungan Kemenag 2018.

Daftar nama peserta yang lulus verifikasi berkas di lingkungan Kementerian Agama tahun 2018 ini diumumkan setelah proses verifikasi terhadap berkas yang diunggah ataupun dikirimkan pelamar sudah selesai dilakukan. Para peserta yang namanya tercantum dalam pengumuman seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2018 inilah yang nantinya berhak untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kementerian Agama 2018 sudah dikeluarkan. Maka hal selanjutnya yang ditunggu oleh para peserta ialah Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018.

Hingga saat ini pengumuman jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018 belum dikeluarkan. Namun berdasarkan informasi yang kami dapatkan, jadwal SKD CPNS Kemenag 2018 akan diumumkan setelah proses cetak kartu peserta ujian telah selesai dilakukan. Proses cetak kartu peserta ujian CPNS Kementerian Agama 2018 ini dijadwalkan hingga tanggal 27 Oktober 2018.

Jadi bagi para peserta yang sedang mencari informasi jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Kementerian Agama 2018, mohon bersabar dan terus memantau situs resmi Kementerian Agama di https://kemenag.go.id. Hal ini penting supaya anda tidak ketinggalan informasi mengenai Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018.

Hasil SKD CPNS Kementerian Agama 2018

Pengumuman hasil SKD CPNS Kementerian Agama 2018 biasanya akan dikeluarkan setelah proses palaksanaan SKD telah usai. Namun para peserta tes SKD Kemenag 2018 bisa melihat nilai tes CAT langsung setelah selesai mengikuti ujian CAT.

Bagi peserta yang nilai SKDnya memnuhi passing grade, berarti masih ada kemungkinan untuk bisa ikut SKB CPNS Kementerian Agama 2018. Sedangkan bagi peserta yang tidak mencapai nilai ambang batas, maka bisa dipastikan tidak bisa mengikuti seleksi berikutnya, yakni tes SKB Kemenag 2018.

Jadwal SKB CPNS Kementerian Agama 2018

Jadwal seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS Kementerian Agama 2018 akan diumumkan setelah dikeluarkannya hasil seleksi SKD CPNS Kemenag 2018. Dalam pengumuman hasil SKD tersebut akan dimuat juga daftar nama peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar yang berhak ikut tes SKB Kemenag 2018.

Selain daftar nama peserta yang lulus tes SKD Kementerian Agama 2018, akan diberitahukan juga lokasi serta jadwal Seleksi Kompetensi Bidang Kemenag 2018. Para peserta tinggal mengikuti SKB sesuai dengan tempat dan jadwal yang ditentukan pihak Kemenag.

Hasil Kelulusan Akhir CPNS Kementerian Agama 2018

Pengumuman hasil kelulusan akhir CPNS Kementerian Agama Tahun Anggaran 2018 akan diterbitkan setelah semua rangkaian ataupun prosesi penerimaan CPNS Kemenag telah selesai dilaksanakan. Peserta yang dinyatakan lulus hingga tahapan seleksi tahap akhir CPNS Kementerian Agama 2018 inilah yang akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan akan mulai bekerja pada 2019 mendatang.

Namun untuk bisa lulus hingga tahapan akhir CPNS Kementerian Agama 2018 tentunya tidaklah mudah. Anda harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin supaya bisa bersaing dengan para peserta seleksi CPNS Kemenag lainnya.

Contoh Soal CPNS Kementerian Agama 2018

Seleksi CPNS Kementerian Agama Tahun 2018 menggunakan Sistem Computer Assisted Tes (CAT). Tahapan Tes CAT tahap awal adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Nah para peserta seleksi CPNS Kemenag 2018 wajib lulus tahapan SKD jika mau diikutkan dalam seleksi berikutnya. Namun untuk bisa lulus SKD CPNS Kementerian Agama 2018 kita tahu tidak mudah. Hanya mereka yang melakukan persiapan maksimal yang akan mendapatkan hasil terbaik dalam tes SKD Kemenag 2018.

Oleh karena itu, selagi masih ada kesempatan untuk belajar, silahkan pelajari Contoh-contoh Soal CPNS Kementerian Agama 2018. Soal-Soal yang bisa dipelajari ialah SKD yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelijensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Nah untuk mendapatkan Contoh soal CPNS Kementerian Agama 2018 sesuai dengan materi ataupun kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah tahun 2018 ini, silahkan daftarkan diri anda disini. DAFTAR.

Kisi-kisi Soal CPNS Kementerian Agama 2018

Berdasarkan Permenpan RB Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2018, materi yang diujikan dalam seleksi penerimaan CPNS 2018 adalah sebagai berikut:

A. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan:

  • Nasionalisme;
  • Integritas;
  • Bela Negara;
  • Pilar Negara;
  • Bahasa Indonesia;
  • Pancasila;
  • Undang-Undang Dasar 1945.
  • Bhineka Tunggal Ika.
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sejarah perjuangan bangsa, sistem Tata Negara Indonesia, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:

  • Kemampuan verbal.
  • Kemampuan numerik.
  • Kemampuan Figural.
  • Kemampuan berpikir logis.
  • Kemampuan berpikir analitis.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:

  • Pelayanan Publik;
  • Sosial Budaya;
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  • Profesionalisme;
  • Jejaring kerja;
  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Kreativitas dan inovasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Orientasi kepada orang lain;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

B. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

1. Materi seleksi kompetensi bidang

  • Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional dan diintegrasikan dalam bank soal CAT BKN;
  • Materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang rumpunnya bersesuaian dengan Jabatan Fungsional terkait;
  • Materi SKB pada Instansi pusat selain dengan CAT dapat berupa: tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa,  dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratakan oleh jabatan, dengan sekurang-kurangnya 2 (dua) jenis Tes.
  • Materi SKB untuk jenis formasi Olahragawan Berprestasi International menggunakan wawancara.
  • Materi SKB yang dapat menggugurkan seleksi wajib dicantumkan dalam pengumuman persyaratan pendaftaran masing-masing instansi.

Perhatian:

  • Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama tahun 2018 kemungkinan akan diumumkan setelah proses cetak kartu peserta ujian telah selesai.
  • Informasi ini diterbitkan untuk menjawab pertanyaan mengenai Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018.

Demikianlah Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018 yang bisa kami informasikan kali ini. Semoga sedikitnya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman mengenai dimana Lokasi serta Jadwal SKD CPNS Kementerian Agama 2018. Jangan lupa untuk terus memantau halaman ini ataupun situs resmi Kemenag supaya tidak ketinggalan informasi. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga anda diterima sebagai Abdi Negara di Lingkungan Kementerian Agama Tahun ini.