Benarkah Ada Lowongan CPNS 2019? Ini Penjelasan BKN

Diposting pada

Lowongan CPNS 2019 – Belakangan ini di Media Sosial sedang ramai membicarakan tentang Penerimaan CPNS tahun 2019 dan penerimaan P3K Tahun 2019. Lalu benarkah akan ada penerimaan CPNS dan P3K tahun 2019 ini? Yuk simak penjelasan Badan Kepegawaian Negara di bawah ini.

Dari berbagai informasi terkait Lowongan CPNS 2019 dan Lowongan P3K 2019, terdapat informasi tentang detail penerimaan CPNS 2019 dan P3K serta banyaknya jumlah formasi yang dibutuhkan tahun 2019 ini.

Menanggapi informasi tersebut, Muhammad Ridwan selaku Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara menegaskan bahwa, BKN hingga saat ini belum mengeluarkan informasi resmi tentang detail lowongan cpns 2019 maupun lowongan pppk 2019.

Informasi detail terkait penerimaan CPNS dan P3K 2019 tersebut bukan berasal dari BKN, jadi belum ada informasi terkait tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran serta tempat pelaksanaan.

Meskipun begitu, Ridwan membenarkan kalau akan ada lowongan CPNS 2019 dan lowongan P3K tahun 2019 ini. Namun informasi detail tentang tata cara atau mekanisme rekrutmennya belum ada hingga saat ini. Hal ini dikarenakan pihaknya harus melengkapi regulasinya terlebih dahulu.

Lebih jauh Ridwan menyampaikan bahwa, rencana kebutuhan CPNS dan PPPK untuk setiap daerah juga belum ada. Selain itu yang paling penting harus tersedianya kebutuhan anggaran untuk gaji. Hal ini juga ada disampaikan oleh pihak BKN melalui akun Twitter Resminya di @BKNgo.id.

Lowongan CPNS 2019

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) direncanakan akan dibuka kembali tahun 2019 ini. Hal ini sesuai dengan keterangan yang ditulis dalam siaran pers pada laman resmi BKN dengan judul “Siap-siap! Rekrutmen P3K akan Dimulai Tahun Depan dalam Dua Fase”.

Pada kalimat terakhir artikel tersebut disinggung mengenai rencana rekrutmen CPNS 2019. Meskipun belum disebutkan tentang detail kapan pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka serta berapa jumlah formasinya.

Disampaikan bahwa pada tahun 2019 ini pemerintah rencananya akan kembali membuka lowongan CPNS. Hal ini dilakukan untuk memenuhi jumlah pegawai, terutama pada bidang Kesehatan dan Pendidikan. Karena banyak pegawai yang memasuki usia pensiun di tahun 2019 ini.

Dalam konferensi Pers bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) beberapa waktu yang lalu. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara menyampaikan bahwa penerimaan ASN tahun 2019 akan dibagi beberapa fase, yakni fase pertama, kedua dan ketiga.

Pada fase pertama ialah rekrutmen ASN yang berkedudukan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Fase kedua juga berkedudukan sebagai PPPK dan fase ketiga berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jadi bisa ditarik kesimpulan memang benar akan adanya lowongan CPNS 2019.

Baca juga: Ini Dia Jadwal Penerimaan PPPK 2019 (Resmi BKN)

Lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas bahwa pemerintah akan kembali mengadakan rekrutmen Aparatur Sipil Negara di tahun 2019 ini. Rekrutmen ASN ini akan dibagi dalam 3 fase, yakni sebagai berikut:

Lowongan P3K 2019 – Fase Pertama

Penerimaan ASN pada fase pertama melalui rekrutmen P3K 2019. Dimana formasi yang akan menjadi prioritas pada fase ini adalah untuk jabatan Guru, Tenaga Kesehatan serta Penyuluh Pertanian.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa ketiga sektor formasi tersebut terlebih dahulu yang akan dibuka, sisanya nanti setelah pemilu. Hal ini dikarenakan ketiga sektor formasi tersebut banyak dibutuhkan tahun ini karena banyaknya pegawai yang memasuki usia pensiun.

Selain itu, Bima memastikan bahwa rekrutmen pada 3 sektor formasi tersebut juga akan diprioritaskan untuk tenaga honorer yang sudah bekerja di sana sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya proses adaptasi terhadap kinerja tidak akan berlangsung lama.

Baca juga: Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019

Bima juga mengakui bahwa Kemenpan-RB hingga saat ini juga belum menentukan formasi serta kuota rekrutmen P3K ini. Kemenpan-RB masih harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Daerah untuk mengetahui bagaimana kondisi finansial masing-masing terkait kesangguapan membiayainya.

Penerimaan PPPK fase pertama tahun 2019 ini akan dimulai setelah seluruh rangkaian seleksi penerimaan CPNS 2018 telah usai. Perkiraan sekitar akhir Januari hingga pertengahan Februari 2019.

Lowongan PPPK 2019 – Fase Kedua

Rekrutmen ASN fase kedua ini juga melalui penerimaan P3K 2019. Dimana pada fase yang kedua ini akan terbuka untuk seluruh profesi ahli yang dibutuhkan secara nasional.

Lowongan P3K fase kedua tahun 2019 ini akan dibuka setelah pelaksanaan pemilu bulan April Tahun 2019 mendatang.

Dalam konferensi pers bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Menpan-RB Syafruddin juga mengatakan bahwa rekrutmen PPPK akan dilakukan secara terbuka. Hal ini dikarenakan penyelenggaraannya secara umum yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan usia maksimal 2 tahun sebelum batas usia pensiun dari jabatan yang dilamar.

Selain itu, P3K diharapkan bisa merekrut tenaga profesional yang bertujuan dapat meningkatkan SDM di Indonesia khususnya bagi yang sudah berusia 35 tahun yang merupakan batas usia penerimaan CPNS.

Syafruddin juga menjelaskan bahwak P3K ini sangat berpeluang bagi para honorer dan juga bagi Diaspora yang kehadirannya di dalam birokrasi bisa memberikan kontribusi yang positif bagi Indonesia.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana yang juga menghadiri konferensi pers tersebut menjelaskan bahwa secara teknis, penyusunan kebutuhan P3K sama halnya dengan penyusunan kebutuhan CPNS.

Dimana instansi akan mengusulkan kebutuhan ke pihak Kemenpan-RB, selanjutnya BKN memberikan pertimbangan secara teknis kepada Kemenpan RB terkait dengan kebutuhan formasi tersebut.

Bima juga menambahkan bahwa kebutuhan formasi tersebut juga harus disesuaikan dengan ketersediaan alokasi belanja pegawai daerah yang jumlahnya tidak melebihi 50%.

Lowongan CPNS 2019 – Fase Ketiga

Pada fase ketiga ini akan dibuka Lowongan CPNS 2019. Meskipun belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan rekrutmen CPNS 2019 akan dimulai. Namun melihat pengalaman penerimaan CPNS tahun lalu, maka kemungkinan akan dibuka mulai bulan Agustus 2019.

Jadi bagi anda yang ingin mendaftar dalam penerimaan P3K maupun CPNS tahun 2019, silahkan pantau terus informasinya supaya tidak ketinggalan. Update terus informasi mengenai lowongan CPNS 2019 maupun lowongan P3K 2019.

Jika diperlukan, silahkan simpan halaman ini karena kami akan terus mengupdate informasi terkait lowongan CPNS 2019 dan lowongan PPPK tahun 2019 ini. Hal ini penting supaya anda tidak ketinggalan dalam melakukan pendaftaran P3K atau CPNS 2019 nantinya.

Demikianlah informasi terkait Lowongan CPNS 2019 yang dapat saya informasikan kali ini. Semoga sedikitnya bisa menambah informasi anda terkait rekrutmen ASN tahun 2019, baik itu melalui seleksi PPPK maupun seleksi CPNS. Silahkan like dan share informasi ini kepada teman-teman anda yang lain, supaya mereka juga mendapatkan update informassi CPNS dan P3K 2019. Terima kasih dan selamat berjuang.

Sumber: Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.