Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019: Jadwal, Mekanisme, Persyaratan dan Contoh Soal

Diposting pada

Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019 – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan kesempatan bagi Guru Honorer yang ingin mengabdi kepada negara melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Bagi anda Guru Honorer yang tidak bisa mendaftar dalam seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 lalu dikarenakan usia yang sudah melebihi 35 tahun. Maka tahun 2019 ini anda bisa mendaftar melalui seleksi pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer.

Apa itu PPPK atau P3K ? – Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer

PPPK/P3K adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. PPPK merupakan warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan tertentu yang pengangkatannya berdasarkan perjanjian kerja dengan jangka waktu tertentu untuk melaksanakan tugas pemerintahan.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. PPPK adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sebagai pegawai dengan perjanjian kerja. Pengangkatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan berdasarkan ketentuan perundang-undangan ASN.

Perbedaan PNS dengan PPPK – Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, terdapat beberapa perbedaan antara PNS dengan PPPK, yakni sebagai berikut:

1. PNS bersatus tetap sedangkan PPPK berstatus kontrak.

2. PPPK dikontrak dengan jangka waktu minimal 1 tahun dan bisa diperpanjang sampai 30 tahun disesuaikan dengan kebutuhan, kinerja serta kompetensi yang dimiliki.

3. PPPK menggunakan double track, artinya PPPK tidak diangkat menjadi PNS secara otomatis. Namun harus mengikuti seleksi lagi jika ingin menjadi PNS.

4. Pelamar PNS berusia maksimal sampai 35 tahun. Sedangkan PPPK tidak menetapkan batasan umur.

Jadwal Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019

Adapun jadwal pendaftaran PPPK tahun 2019 merujuk dari hasil konferensi pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) beberapa waktu yang lalu, bahwa PPPK akan dibuka 2 tahapan, yaitu:

Tahapan I

Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer maupun untuk jabatan lainnya pada tahapan pertama ini akan dibuka setelah pelaksanaan seleksi CPNS 2019 telah usai dilaksanakan. Pada tahapan yang pertama ini, pemerintah lebih mengutamakan formasi Guru, baik itu guru Honorer ataupun umum, tenaga kesehatan serta penyuluh pertanian.

Tahapan II

Pendaftaran PPPK 2019 untuk tahapan kedua ini akan dimulai setelah pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Pada tahapan ini terbuka untuk semua formasi/jabatan, namun tentu disesuaikan dengan jabatan yang menjadi kebutuhan instansi.

Tata Cara Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer

Selanjutnya mengenai mekanisme ataupun tata cara pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer tahun 2019 dikabarkan tidak sama dengan pendaftaran CPNS tahun 2018 lalu. Dimana tahun 2018 lalu, pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi BKN di alamat sscn.bkn.go.id. Namun pendaftaran PPPK tahun 2019 kemungkinan tidak dilakukan melalui situs SSCN.

Sejauh pantauan saya, belum ada informasi terkait bagaimana tata cara pendaftaran PPPK untuk guru honorer 2019 ataupun untuk formasi/jabatan lainnya. Namun jika merujuk pada pasal 17 PP Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen PPPK, disebutkan bahwa setiap pelamar harus memenuhi serta menyampaikan semua persyaratan yang dicantumkan dalam pengumuman.

Nah mengenai tata cara penyampaian semua persyaratan yang ditentukan tersebut apakah secara online ataupun secara manual, sejauh pantauan saya belum ada informasi terkait hal itu. Jadi lebih baik kita tunggu saja sampai dikeluarkannya pengumuman pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019 ataupun untuk jabatan lainnya oleh pihak yang berwenang.

Persyaratan Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen PPPK dijelaskan bahwa setiap WNI memiliki kesempatan untuk mendaftar dalam seleksi penerimaan PPPK dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Adapun persyaratan yang ditentukan berdasarkan PP No. 49 Tahun 2018 tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pelamar berusia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum sebelum memasuki batas usia sesuai jabatan yang dilamar.

2. Pelamar tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap dikarenakan telah melakukan suatu tindak pidana dengan penjara 2 tahun maupun lebih.

3. Pelamar tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaannya sendiri ataupun tidak hormat sebagai PPPK, PNS, Anggota Polri, Prajurit TNI ataupun diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai perusahaan swasta.

4. Pelamar bukan termasuk anggota maupun pengurus partai politik serta tidak terlibat politik praktis.

5. Pelamar mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan syarat jabatan.

6. Pelamar mempunyai kompetensi tertentu yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian yang masih berlaku yang diberikan oleh lembaga profesi yang mempunyai wewenang bagi jabatan yang mensyaratkan.

7. Pelamar memiliki kesehatan jasmani dan rohani sesuai persyaratan jabatan.

8. Pelamar menyiapkan juga persyaratan lain sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Contoh Soal PPPK untuk Formasi/Jabatan Guru

Mengenai contoh soal seleksi calon PPPK 2019 bagi yang mendaftar pada formasi guru, maka bisa mempelajari kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) maupun Contoh Soal SKB CPNS Guru.

Hal ini sesuai dengan yang disebutkan pada pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK dimana seleksi kompetensi teknis dalam penerimaan calon PPPK 2019 terdiri dari:

a. Seleksi bagi Jabatan yang mempersyaratkan sertifikasi profesi;

b. Seleksi kompetensi bagi Jabatan yang belum mempersyaratkan sertifikasi profesi.

Seleksi kompetensi teknis bagi jabatan yang mempersyaratkan memiliki sertifikasi profesi dilakukan dengan menguji kompetensi untuk menentukan peringkat. Sedangkan seleksi kompetensi teknis bagi jabatan yang tidak mempersyaratkan memiliki sertifikasi profesi dilakukan dengan cara menguji kompetensi untuk menentukan peringkat dan ambang batas kelulusan.

Nah sebagai latihan untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer maupun untuk jabatan lainnya, silahkan download Contoh Soal PPPK 2019 dan Jawabannya di akhir artikel ini.

Demikianlah informasi mengenai pengumuman Pendaftaran PPPK untuk Guru Honorer 2019 yang dapat saya sampaikan. Semoga sedikitnya bisa menambah informasi anda terkait penerimaan calon PPPK tahun 2019 yang sebentar lagi akan dibuka. Silahkan ikuti terus informasi ini supaya anda tidak ketinggalan informasi yang bisa merugikan anda. Terima kasih dan semoga sukses.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.